Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono bersama Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengecek kesiapan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
 
" Kami ingin mengetahui sejauh mana kesiapan baik petugas maupun peralatan untuk pengamanan Pilkada 2020," kata Didi, saat memberikan arahan di Mapolres Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu.
 
Dikatakan Didi, pembangunan di Kapuas Hulu terus bergulir dan terjadi perubahan, tentu itu membuktikan bahwa Kapuas Hulu kondusif.
 
Menurut dia, Kapuas Hulu sangat luas, tetapi keamanan dapat terjaga dengan baik, keamanan itu suatu kebutuhan hakiki.
 
" Rasa aman harus kita ciptakan secara bersamaan," tegas Didi.
 
Disampaikan Didi, pelaksanaan Pemilu lalu baik Pilpres dan Pileg berjalan aman dan sukses.
 
Untuk itu, Pilkada 2020 mendatang mesti benar - benar dijaga keamanan sampai proses pelantikan Bupati Kapuas Hulu dan Wakil Bupati Kapuas Hulu.
 
Sementara itu, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan dirinya merasa yakin semua perangkat dan petugas penyelenggaraan Pilkada siap.
 
" Pelaksanaan Pemilu sebelumnya ada kerawanan yang terjadi, sehingga itu menjadi acuan dalam pelaksanaan Pilkada mendatang," kata Rahmad.
 
Dikatakan Rahmad, unsur tiga pilar dan seluruh komponen masyarakat harus komitmen sinergitas dalam mewujudkan pelaksanaan tugas sehingga tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat.
 
" Kita mesti saling memberikan informasi sehingga jika ada kejadian bisa kita selesaikan bersama - sama," harap Rahmad.
 
Apa yang menjadi tugas KPU dan Bawaslu harus didukung, sehingga penyelenggaraan Pilkada dapat berjalan aman dan lancar serta sukses.
 
Ditekankan Rahmad, harus ada pemetaan kerawanan untuk Pilkada, jika ada persoalan segera selesaikan.
 
" Pengambilan keputusan apabila ada persoalan sangat diperlukan, pendeteksian dini dan cegah dini harus berjalan dengan baik," pinta dia.
 
Dalam kunjungan tersebut juga hadir Danlanud Supadio Pontianak, Danlanal Pontianak, Danrem 121/Abw, dan sejumlah pejabat penting lainnya di jajaran Provinsi Kalimantan Barat.
 
Kegiatan itu juga dihadiri Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir para Forkompinda, tokoh masyarakat dan para kepala desa dan lapisan masyarakat wilayah Kapuas Hulu.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019