Wakil Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Effendi Ahmad meminta pemilik kapal "klotok" atau angkutan sungai untuk tetap menjaga keselamatan penumpang pada musim libur dan arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Hal ini disampaikannya, setelah mengecek dan menumpang langsung kapal kelotok jurusan Rasau Jaya di Kabupaten Kubu Raya tujuan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara.

"Kapal yang saya tumpangi adalah kapal kelotok yang beroperasi pukul 08.00 WIB. Kapal tersebut merupakan yang ke empat. Semua kapal penuh dan dijejali penumpang," ujarnya saat dihubungi di Kayong Utara, Minggu.

Yong Fen, sapaan akrab Wakil Bupati Kayong Utara tersebut mengaku sengaja menaiki kapal kelotok agar dapat melihat langsung angkutan penumpang ini dan aktivitas mereka selama liburan.

Aksi Wakil Bupati Kayong Utara yang langsung merasakan keramaian dan aktivitas angkutan kapal kelotok tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat daerah itu.

Satu di antara masyarakat, Jamalia menyampaikan salut dan memuji Wakil Bupati Kayong Utara yang tetap rendah hati dan sederhana.

"Mantap Wakil Bupati Kayong Utara peduli karena memantau atau cek langsung. Beliau juga tidak gengsi. Kami ucapkan sukses untuk beliau," ucapnya.

Senada juga disampaikan masyarakat lainnya, Tri Wahyuningsi. Ia bersyukur memiliki Wakil Bupati Kayong Utara yang selalu mengingatkan pemilik jasa angkutan dan masyarakat.

"Alhamdulillah, Bapak Wakil Bupati Kayong Utara selalu mengingatkan warganya maupun warga yang ingin bepergian untuk selalu utamakan keselamatan. Keselamatan memang lebih penting. Semoga kita semua selamat sampai tujuan. Ini baru pemimpin yang baik dan mantap," kata dia.

Jika penumpang menggunakan kapal kelotok dari Rasau Jaya - Teluk Betang maka butuh waktu sekitar 10 jam baru sampai. Selain kelotok di rute tersebut tersedia angkutan kapal feri dengan butuh waktu hampir sama. Kemudian ada speedboat, hanya butuh 3 jam saja.

Pewarta: Dedi/Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019