Pada momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) trafik data XL Axiata di Kalbar naik tajam peningkatan mencapai sekitar 8 persen dibandingkan trafik di hari normal.

"Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) yang mencapai sekitar 50 persen . Layanan data Web Browsing 46 persen menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh layanan Games sebesar 33 persen  dan Instant Messaging sebesar 21 persen," ujar Region Group Head XL Axiata Jabodetabek dan Kalimantan, Francky Rinaldo Pakpahan.

Francky  menjelaskan bahwa trafik di wilayah Kalbar memang terus tumbuh karena itu tidak mengherankan jika di masa libur panjang akhir tahun ini juga mengalami kenaikan signifikan. 

"Kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan data menjadi salah satu faktor penentunya. Dalam tiga tahun terakhir kami terus membangun jaringan di Kalbar, termasuk dengan memperluas jaringan 4G di area-area baru. Saat ini pun jaringan 4G sudah masuk ke semua kota-kota utama di  provinsi tersebut," kata dia.

Sementara kata dia, kenaikan di Kota Pontianak mencapai sekitar 9 persen seiring dengan meningkatnya keramaian warga di sejumlah titik selama masa liburan, terutama malam tahun baru, seperti Jalan Gajah Mada, Bundaran Digulis, dan Taman Alun Kapuas. 

"Sedangkan trafik di Singkawang juga naik 23 persen dan Sambas naik 15 persen karena menjadi salah satu tujuan wisata dan juga banyaknya warga yang pulang kampung ke sana," kata dia.

Kemudian untuk trafik data secara nasional pada Nataru atau sepanjang liburan akhir tahun ini, trafik data juga meningkat signifikan, mencapai sekitar 14 persen dibandingkan trafik di hari normal.  

Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) yang mencapai 38 persen. Layanan data berbasis Games 25 persen menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Instant Messaging sebesar 16 persen dan Web Browsing 12 persen.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020