Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yasser Arafat mengatakan, sebanyak delapan kecamatan mendapat pergantian kepemimpinan jabatan camat pada tahun 2020 ini. Salah satunya Kecamatan Kayan Hulu.

Untuk Kayan Hulu, sudah ketiga kalinya diantar camat ke tempat tugasnya. Jabatan camat sangatlah istimewa sekali, karena  camat di antar ke tempat tugasnya yang baru. Bahkan Sekretaris Daerah yang mengantar langsung.

Istimewa nya lagi, ada surat edaran dari Menpan-RB bahwa jabatan camat tidak bisa dihapus dari jabatan Administator.

"Pejabat yang lain tidak diantar ke tempat tugas masing - masing, bahkan pergi sendiri. Kalau jabatan camat kita antar," kata Yasser.

Yelmanus, Camat Kayan Hulu yang baru mengatakan, jabatan camat di Kayan Hulu ini memang besar tantangan yang harus dihadapi.

Kecamatan ini mempunyai 31 desa dan 100 dusun yang tersebar di empat wilayah jalur Sungai Kayan, Sungai Tebidah dan Sungai Payak, yang mana 80 persennya Suku Dayak. 

"Dibutuhkan pemikiran yang ekstra dalam memimpin Kecamatan Kayan Hulu ini," ungkapnya.

Ia sangat berharap dapat bekerja sama dari semua pihak baik tokoh masyarakat dan tokoh agama agar memberi dukungan untuk membantunya sebagai Camat Kayan Hulu.

"Untuk Kecamatan Kayan Hulu ini yang harus kita  benahi ialah pembangunan infrastruktur yakni jalan dan jembatan. Faktor utama permasalahan yang harus kita selesaikan yaitu jalur transportasi darat menuju Kayan Hulu, sebab sangat berimbas pada pembangunan ekonomi keluarga yang sangat mempengaruhi di sektor kehidupan masyarakat perhuluan," tutur Yelmanus.

Terpisah, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yasser Arafat juga menghadiri serah terima jabatan Camat Sintang, dari Anna Prihantina kepada Camat Sintang yang baru dilantik pada 7 Januari 2020, Siti Musrikah. yang dilaksanakan di Aula Abdi Praja Kantor Camat Sintang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, pada hari Jumat (17/01).

Yasser Arafat mengatakan, Camat Sintang yang baru merupakan orang lama sehingga pengalaman di Pemerintahan sudah tidak diragukan lagi.

“Camat Sintang periode 2013-202, Anna Prihantina diganti oleh Siti Musrikah, kedua-duanya merupakan ASN terbaik di Kabupaten Sintang. Apalagi camat yang baru ini, pengalaman di bidang pemerintahan sudah banyak, berpindah-pindah, sehingga ini menjadikan penyegaran baru di ruang lingkup Kecamatan Sintang," kata Yasser.

Ia mengatakan selama masa jabatan Camat Sintang periode 2013-2020 banyak sekali prestasi yang diraih oleh Kecamatan Sintang.

“Di bawah kepemimpinan Anna, sudah banyak sekali prestasi yang diraih, karena jiwanya itu merupakan jiwa yang kritis, kalau hal yang kurang pas maka beliau akan sampaikan. Nah itu semua demi kebaikan dan meraih prestasi-prestasi di Kecamatan Sintang,” ujarnya.

Yasser berpesan, di tahun 2020 merupakan tahun percepatan maka dari itu seluruh ASN harus bekerja dengan cepat.

"Segera bergerak, move on, lakukan konsolidasi, baik internal maupun eksternal, buka ruang komunikasi seluas-luasnya, kalau bisa HP sering diaktifkan jangan sampai dimatikan, karena banyak yang ingin disampaikan oleh seluruh komponen masyarakat kita di Kecamatan Sintang,” pesannya.

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020