Wartawan dari berbagai media yang bertugas di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat saat ini sedang mempersiapkan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020, salah satunya dengan menggelar Dialog tentang pencegahan berita Hoaks dan ujaran kebencian menghadapi Pilkada di daerah tersebut.

" Rekan - rekan jurnalis sudah membentuk panitia dan saat ini tahap persiapan untuk memperingati Hari Pers Nasional," kata Ketua Panitia peringatan Hari Pers Nasional, di Kapuas Hulu, T Timotius, kepada Wartawan, di Putussibau, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Jumat.

Disampaikan Timotius, Hari Pers Nasional jatuh pada 9 Februari yang secara nasional dipusatkan di Banjarmasin Kalimantan Selatan yang rencananya akan dihadir langsung oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri. 

Dikatakan dia, dasar peringatan Hari Pers Nasional yaitu Keputusan Presiden Nomor 5 pada tahun 1985 yang hingga saat ini diperingati setiap tahunnya.

Untuk di Kapuas Hulu rencananya akan diselenggarakan pada 13 Februari 2020 dan di pusatkan di Hotel Banana Putussibau dengan melibatkan berbagai pihak yang ada di wilayah Kapuas Hulu.

Ia mengatakan pada peringatan Hari Pers Nasional di Kapuas Hulu akan diisi dengan dialog tentang pencegahan berita Hoax dan ujaran kebencian menjelang Pilkada Kapuas Hulu.

Kegiatan tersebut salah satu upaya insan pers memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat membedakan mana berita yang benar dan mana berita hoaks, yang dapat merusak keamanan dan ketertiban ditengah-tengah masyarakat.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020