Wakil Bupati Sekadau, Kalimantan Barat, Aloysius saat membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP CU Usaha Kita" Tahun Buku 2019 meminta koperasi untuk bisa menguasai dan menerapkan dunia digital dalam rangka peningkatan layanan.

"Menyikapi ketatnya persaingan dalam dunia usaha, terutama di era digital ini, koperasi atau CU harus bertransformasi tidak hanya dalam aplikasi software terbaru tapi juga harus melakukan perubahan dalam hal manajemen dan pelayanan. Koperasi harus menguasai teknologi," ujarnya saat dihubungi di Sekadau, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa agar koperasi bisa menguasai teknologi harus menyiapkan sumber daya manusia yang benar-benar siap serta dituntut agar mampu berperan dan tetap eksis menjadi pilar dalam perekonomian nasional khususnya di Kabupaten Sekadau.

"Koperasi harus dikelola secara efektif dan efisien dengan SDM yang mempunyai kompetensi sesuai tuntutan perkembangan dunia usaha. Akan tetapi koperasi harus dalam koridor dengan mempertahankan prinsip-prinsip dan jati diri koperasi itu sendiri," pesan dia.

Terkait pelaksanaan RAT CU Usaha Kita Aloysius menyatakan atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada pengurus, pengawas manajemen dan seluruh anggota.

"Terselenggaranya RAT berarti bahwa pengurus dan pengawas sudah menunjukkan kinerja yang baik karena sudah mampu menjabarkan amanat yang tertuang dalam undang- undang tentang perkoperasian di mana koperasi wajib melaksanakan RAT minimal satu tahun sekali," kata dia.

Ketua Panitia RAT, Hermanus berharap kegiatan dapat berjalan lancar sesuai dan para pengurus dapat terus meningkatkan pengetahuan manajemen dan membaca peluang pasar. Sehingga dalam pengelolaan koperasi semakin lebih profesional dan profesional serta memiliki daya saing yang handal.

Sementara itu juga yang juga hadir, Ketua Puskopdit BKCU Kalimantan Edi Petebang mengatakan RAT tahunan dan tutup buku merupakan forum yang sangat penting dan tepat untuk memperluas kinerja organisasi suatu koperasi.

"RAT juga momentum yang tepat untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja tahun lalu serta dapat merumuskan dan menetapkan program kerja baru yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya berdasarkan asas Koperasi," kata dia.


Pewarta: Dedi/ Gansi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020