Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Sigid Tri Hardjanto, melantik sebanyak 200 Bintara Polisi di SPN (Sekolah Polisi Negara) Pontianak, Provinsi Kalbar.

"Hari ini sebanyak 200 anggota Polri hasil didikan tahun 2019/2020 resmi dilantik. Tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi mulai dari proses rekruitmen sampai dengan pelantikan hari ini," kata Sigid Tri Hardjanto di Pontianak.

Ia menjelaskan, para lulusan Bintara Polisi ini akan bertugas dalam pengamanan Pilkada serentak di Kalbar, yakni di tujuh daerah, diantaranya di Kabupaten Sekadau, Sintang, Melawi, Bengkayang, Kapuas Hulu dan Kabupaten Ketapang.

"Setelah mereka mendapatkan hak-hak untuk cuti, maka langsung ditugas pada pengamanan dalam menghadapi beberapa kegiatan, dan agenda lainnya Kalbar, khususnya mengamankan Pilkada serentak di Kalbar," katanya.

Ia menambahkan, para lulusan Bintara Polisi tersebut, sudah mendapatkan pelatihan dasar dalam menghadapi dan mengendalikan massa yang tentunya akan dinamis sesuai dengan situasi di lapangan.

"Setidak-tidaknya mereka sudah mempunyai keterampilan dasar untuk menghadapi massa dengan tahapan-tahapan yang ada di lapangan nanti," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar, mengucapkan terimakasih atas atensi dari Pemprov Kalbar dan pemerintah daerah yang begitu bersemangat dalam membangun SPN yang baru di wilayah Kota Singkawang yang representatif dan ideal.

Sigid berharap, proses pembangunan SPN di Singkawang berjalan lancar, sehingga sudah bisa beroperasi di bulan Juli 2020 mendatang.

"Itu tentunya sangat berpengaruh dan berkaitan dalam menciptakan SDM atau polisi yang unggul," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar kepada para anggota polisi yang baru dilantik tersebut, agar tidak menjadi seorang polisi yang menganggap remeh permasalahan.

"Kemudian mereka harus cepat dari segala hal, dan mengelola media dengan baik, serta tetap jaga sinergitas atau kemitraan dengan semua elemen masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Andilala dan Andi Garsia

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020