Selain untuk mentingkatkan pembangunan, kesejahteraan dan pengetahuan pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 107 tahun 2020 Kodim 1207/Berdiri Sendiri Pontianak juga mendorong tumbuh kembalinya jiwa sosial gotong-royong. TMMD merupakan program yang digagaskan oleh TNI AD dan didukung oleh AL dan AU.

"TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ini terjun langsung ke masyarakat dalam rangka mendukung kemajuan pembangunan infrastruktur di daerah khususnya di pedesaan. Dimana segala pengerjaan dalam program itu selalu melibatkan masyarakat bekerja bersama dengan cara bergotong-royong dan menumbuhkan kemanunggalan TNI dan masyarakat," kata Dandim 1207/BS, Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan di Pontianak, Sabtu.

Di jelaskan Dandim, TMMD Reguler ke 107 Kodim 1207/BS tahun 2020 ini dipusatkan di Dusun Perindung Desa Pal 9 Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Dalam pelaksanaanya juga menyertakan peran masyarakat untuk bergotong-royong menyelesaikan pekerjaan fisik maupun non fisik.

"Ini sebagai bentuk Kemanunggalan TNI rakyat, dengan adanya TMMD secara tidak langsung dapat mengembalikan semangat gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia," ujarnya menambahkan.

Menurut Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan bahwa
selama ini program-program TMMD dirasakan sangat mendukung program pemerintah daerah terutama dibidang pembangunan. Dimana tujuanya bersama-sama ingin mempercepat program pembangunan dan mensejahterahkan masyarakat.

"Berbagai kegiatan yang kami lakukan melalui kegiatan TMMD diantaranya penyuluhan KB-Kesehatan, bahaya radikalisme, bahaya komunisme, bahaya narkoba, penyuluhan tentang bela negara, wawasan kebangsaan dan penyuluhan tentang Karhutla," kata Damdim 1207/BS.

Dan Satgas TMMD itu juga menambahkan, dari kegiatan-kegiatan itu maka akan banyak memberikan dampak positif dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat untuk dapat berkembang dan memiliki pengetahuan tambahan, katanya.

Sementara itu Tokoh masyarakat Dusun Perindung, Agus Mayadi mengatakan, kehadiran prajurit TNI dalam melakukan pembangunan di Dusun Perindung ini tentu dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kesadaran masyarakat untuk bahu membahu dalam kehidupan bersosial.

"Dari kegiatan ini, tanpa harus diminta oleh TNI, masyarakat kami langsung turun membantu menyelesaikan pekerjaan program TMMD yang telah menyatukan  masyarakat dengan prajurit TNI," kata Agus.

Agus menyebutkan, bahwa masyarakat di Desa Pal 9 menyambut baik kehadiran TNI yang melaksanakan kegiatan TMMD ini.

"Kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang terjalin saat ini menjadi modal dasar kedekatan TNI dan masyarakat dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat," ujarnya mengakhiri.



 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020