Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan meminta Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan segera mengalihkan dan membuat program yang fokus untuk menjamin pangan tersedia.

"Program yang dapat memastikan dan menjamin kebutuhan pangan rakyat. Sesegera mungkin dirumuskan supaya tidak telat dalam mengantisipasi kondisi terburuk," kata Daniel saat dihubungi di Pontianak, Sabtu.

Menurut dia, yang juga harus segera dilakukan adalah berkoordinasi secepatnya dengan struktur masyarakat yang paling bawah hingga tingkat RT dalam mendistribusikan jaminan pangan.

 "Termasuk bekerja sama dengan NU, Muhammadiyah, lembaga-lembaga agama dan lainnya," ujar anggota DPR RI Dapil Kalbar 1 dari Fraksi PKB itu.

Ia juga meminta pemerintah dan aparat terkait untuk menindak tegas para spekulan dan penimbun kebutuhan pokok di tengah pandemik COVID-19.

 "Kalau perlu, yang tertangkap karena menimbun, sita semua untuk diberikan gratis ke rakyat miskin," ujar Daniel.

Ia mengingatkan, di tengah keriuhan bangsa karena dampak COVID-19, pemerintah harus mengambil sikap dan langkah tegas. "Tidak hanya menjamin suplai yang cukup, tetapi juga menindak tegas penimbun dan spekulan," kata dia.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020