Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo menegaskan perdagangan di Pasar Flamboyan tetap buka meski ada penutupan Jalan Gajah Mada terkait penanganan COVID-19 mulai Kamis (2/4).

"Masyarakat masih tetap bisa berbelanja kebutuhan bahan pokok di Pasar Flamboyan, karena aktivitas di pasar dimulai 04.00 WIB atau pagi hari hingga pukul 08.00 WIB, sementara rencana penutupan Jalan Gajah Mada mulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB," kata Haryadi S Triwibowo di Pontianak, Rabu 

Apalagi, menurut dia, akses menuju Pasar Flamboyan tidak hanya dari Jalan Gajah Mada saja, melainkan bisa melalui Jalan Pahlawan dan Tanjungpura. "Sehingga dalam hal ini masyarakat tidak perlu khawatir," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak bekerjasama dengan Polda Kalbar telah melakukan penyemprotan disinfektan, dan juga sudah memasang lima titik tempat pencucian tangan di kawasan Pasar Flamboyan Pontianak tersebut.

"Penyemprotan disinfektan ini kami lakukan untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir untuk berbelanja berbagai kebutuhan bahan pokok di Pasar Flamboyan," katanya.

Dia juga menambahkan, masyarakat diharapkan tidak panik, dan tidak membeli kebutuhan pokok dengan jumlah yang berlebihan, karena kebutuhan bahan pokok hingga saat ini masih cukup.

Dia juga berharap, kepada semua masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri, serta kebersihan pasar rakyat untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Pontianak.

Sebelumnya, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan, pihaknya mulai Kamis (2/4) besok, akan menutup ruas Jalan Gajah Mada dalam mencegah penyebaran COVID-19, dan penutupan ruas Jalan Gajah Mada dimulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB, sehingga masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas seperti biasanya dengan dilakukannya penutupan jalan itu 

"Alasan penutupan itu, karena masyarakat masih tinggi aktivitasnya di sepanjang Jalan Gajah Mada, sehingga diberlakukannya penutupan itu, guna membatasi aktivitas di sepanjang jalan itu dalam menekan penyebaran COVID-19," katanya.

Baca juga: Kapolresta Pontianak kaji penutupan jalan selain Gajahmada dampak COVID-19

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020