Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengingatkan masyarakat setempat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19.

"Meningkatnya jumlah positif COVID-19 atau virus corona secara nasional, mengharuskan masyarakat untuk terus berhati-hati. Sikap waspada serta taat pada aturan pemerintah pusat maupun daerah merupakan keharusan," kata Sujiwo di Sungai Raya, Rabu.

Menurutnya, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kalbar, jumlah masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 saat ini terus bertambah, demikian dengan jumlah Pasien Dalam Pengawasan dan Orang Dalam Pemantauan, juga terus meningkat.

"Makanya kita wajib mematuhi semua anjuran dari pemerintah, terutama tetap beraktivitas dari rumah. Kalau pun akan beraktivitas keluar karena ada keperluan mendesak, masyarakat wajib pakai masker," tuturnya.

Tak hanya itu, Sujiwo juga meminta masyarakat agar disiplin diri. Dari rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan, berolahraga, istirahat yang cukup, dan menjaga pola makan dengan menu seimbang. Ia menambahkan, masyarakat juga tidak perlu panik.

"Percayakan dan serahkan sepenuhnya kepada negara dan pemerintah. Pasti pemerintah akan melakukan yang terbaik untuk rakyatnya. Seperti contoh memberikan bantuan sosial dan bantuan-bantuan yang lainnya," katanya.

Menyikapi kondisi yang ada, pemerintah, kata Sujiwo, telah menggelontorkan anggaran besar. Anggaran tersebut digunakan untuk jaring pengaman sosial dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat lainnya sebagai akibat dari penyebaran wabah COVID-19. 

"Termasuk pemerintah provinsi juga sudah memberikan bantuan beras,” tambahnya.

Terkait adanya masyarakat yang belum paham terhadap COVID-19, Sujiwo meminta pemerintah desa dan dinas kesehatan untuk terus memberikan edukasi. Menurutnya imbauan dan sosialisasi perlu terus dilakukan. "Masyarakat desa juga harus mendukung," kata Sujiwo.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020