PT Cita Mineral Investindo, Tbk (PT CMI) membagikan 2.160 paket sembako untuk masyarakat (keluarga, janda, lansia) pra sejahtera yang bertempat tinggal di area ring 1 wilayah operasional perusahaan.

Kebijakan tersebut sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam upaya berperan serta meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Sebanyak 160 paket sembako diantaranya dibagikan untuk sebagian masyarakat yang berlatar belakang pekerja non formal dan keluarga pra sejahtera yang dilaksanakan oleh kantor perwakilan PT CMI di Pontianak, Senin.

Program tersebut juga sejalan dengan surat edaran Gubernur Kalimantan Barat tentang pemberian bantuan sembako (bahan pokok) kepada masyarakat yang terkena dampak langsung pandemi COVID-19.

Superintendent CSR PT CMI, Okky Adhipurwanto, mengatakan bahwa sembako yang dibagikan di Pontianak merupakan awal dari serangkaian program pembagian sembako yang akan dilaksanakan minggu ini oleh PT CMI.

"Program ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan menyikapi permasalahan yang saat ini terjadi di Indonesia. PT CMI sebagai perusahaan yang mengedepankan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan tentunya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan apabila masyarakat membutuhkan bantuan perusahaan untuk meringankan apa yang saat ini sedang terjadi akibat pandemi COVID-19," ujar dia.

Okky Adhipurwanto menambahkan bahwa sembako yang dibagikan di Pontianak ini diharapkan juga dapat membantu meringankan beban masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja non formal untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

“Para pekerja ini sangat bergantung kepada penghasilan harian, ketika keadaan seperti ini, pendapatan mereka menurun dan kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan makan keluarga, sehingga kami memutuskan untuk memberikan bantuan sembako ini," ujar Okky.

Imbauan untuk berada di rumah saja dan pembatasan sosial menyebabkan beberapa profesi masyarakat yang bergantung kepada pendapatan harian seperti supir taksi, ojek online, pedagang asongan/gerobak, serta beberapa profesi lainnya, mengalami penurunan pendapatan yang drastis, sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan makanan keluarga.

 Hal ini pula yang mendasari pemerintah Kalimantan Barat menganjurkan perusahaan untuk membantu pengadaan sembako kepada masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar wilayah operasinya.

Asep, pengemudi ojek online di Pontianak, yang merupakan salah satu penerima bantuan, mengucapkan terima kasih kepada PT CMI atas bantuan sembako yang telah diterimanya.

“Saya dan teman-taman seprofesi merasa sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini, yang tentunya dapat meringankan beban saya dan teman-teman yang kesulitan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga saya selama masa sulit seperti ini. Terima kasih saya ucapkan kepada PT CMI atas bantuan yang diberikan, semoga perusahaan mendapatkan kemudahan dan kelancaran menjalankan usahanya," ucap Asep.

Selain para pengemudi ojek online, bantuan sembako ini juga diterima supir taksi bandara, janda pra sejahtera, tunawisma, dan panti asuhan yang berada di Pontianak.

Program CSR PT CMI juga telah memberikan bantuan APD (Alat Pelindung Diri) di puskesmas, serta penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas umum di area operasional perusahaan.

PT CMI mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi himbauan pemerintah yaitu bersama sama mematuhi protokol keselamatan dan kesehatan dalam masa pandemi COVID-19 agar dapat membantu mencegah penularan virus.

Pewarta: Rilis

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020