Kapolda Kalbar Irjen (Pol) R Sigid Tri Hardjanto meresmikan Program Keselamatan 2020 untuk para pengemudi taksi, bus atau truk serta kernet yang ada di Provinsi Kalbar. 

"Program ini merupakan tindaklanjut dari arahan Presiden mengenai kartu prakerja dimana Polri dalam hal ini mengombinasikan bantuan sosial dan pelatihan terhadap para pengemudi taksi bus dan truk," kata Sigid Tri Hardjanto di Pontianak, Rabu.

Dia menjelaskan, program itu serentak dilaksanakan di seluruh Polda Kalbar dengan berpedoman pada protokol pencegahan COVID-19.

Dalam program ini akan dilakukan kegiatan berupa pemenuhan kebutuhan pokok dan kebutuhan rumah tangga bagi penduduk yang terganggu mata pencaharian akibat terdampak COVID-19 terkhusus para pengemudi.

"Akan ada bantuan penyaluran insentif pelatihan diberikan per orang per bulan Rp600 ribu selama tiga bulan dan juga pemberian materi tentang Safety Driving and Safety Riding," tambahnya.

Pelatihan bagi para pengemudi ini akan diberikan oleh Jajaran Kepolisian Lalu Lintas Polda Kalbar antara lain berupa pertemuan kelas selama 45 menit.

"Nantinya dalam pelaksanaan pelatihan juga tetap memperhatikan protokol pencegahan COVID-19," katanya.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas Polda Kalbar Kombes (Pol) Asep Akbar mengatakan mekanisme pelatihan untuk para pengemudi itu akan diberikan selama satu bulan dengan materi mengenai Safety Driving and Safety Riding.

“Untuk teknisnya nanti sebulan cukup satu kali pertemuan selama 45 menit dan di dalam kelas dengan peserta yang dibatasi. Pelatihan ini juga akan dilaksanakan hingga ke tingkat Polres untuk di daerah kabupaten dan kota yang ada di Kalbar," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020