Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat kembali menggencarkan sosialisasi peraturan perubahan terkait tahapan Pilkada 2020 sehingga diketahui secara luas oleh masyarakat.

"Kita menggencarkan sosialisasi Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020. Hal itu untuk diketahui masyarakat luas," ujar Ketua KPU Kabupaten Bengkayang, Musa Jairani saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Ia menyebutkan melalui kegiatan rapat koordinasi persiapan Pilkada Serentak tahun 2020 pihaknya juga menyampaikan persiapan - persiapan yang telah dilakukan oleh KPU Bengkayang.

"Kita juga telah menyerahkan secara simbolis Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 kepada Plh. Bupati Bengkayang Obaja serta kepada peserta rapat yang hadir di ruangan," katanya.

Selain menjelaskan tahapan demi tahapan yang akan dilaksanakan, Musa Jairani juga menyampaikan perkembangan anggaran penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang Tahun 2020 kepada peserta rapat.

Musa menambahkan bahwa KPU juga telah melantik anggota PPK dan PPS serta mengaktifkan Badan Adhoc Pilkada. Selain itu, saat ini KPU tengah mempersiapkan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dengan peraturan KPU yang berlaku dan sesuai dengan protokol kesehatan.

"Sementara untuk anggaran Pilkada dilakukan restrukturisasi anggaran dengan efisiensi di beberapa pos anggaran guna memenuhi protokol kesehatan, kegiatan bimtek, perjalanan dinas, sosialisasi dilakukan optimalisasi anggaran, kekurangannya akan dibantu melalui APBN. Kami masih menunggu bantuan APBN untuk mengakomodir pelaksanaan tahapan Pilkada serentak sesuai protokol kesehatan," katanya.

Ia mengajak semua pihak untuk terus mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut agar berjalan lancar, aman dan tertib.

"Mari bersama kita sukseskan Pilkada 2020 untuk memilih kepala daerah kita ini," ajaknya.


 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020