Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 473 Paskhas Lanud Supadio Pontianak bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pontianak, Provinsi Kalbar, menggelar bakti sosial donor darah.

"Bakti sosial donor darah ini merupakan bentuk nyata dalam meningkatkan kepedulian sosial Korpaskhas TNI AU, khususnya Denhanud 473 Paskhas dalam upaya membantu ketersediaan stok darah di UTD PMI Cabang Kota Pontianak," kata Komandan Denhanud 473 Paskhas Letkol Pas Tatag Wicaksono di Pontianak, Kamis.

Apalagi, menurut dia, dampak. pandemi COVID-19 ini telah menurunkan animo masyarakat untuk berdonor darah, sehingga stok darah di PMI pun semakin menipis.

Sejumlah prajurit Denhanud tampak secara sukarela mendonorkan darahnya pada aksi sosial itu. "Karena diadakan di tengah pandemi COVID-19, proses donor darah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak, dan menggunakan masker," katanya.

Dia menambahkan, darah yang terkumpul pada aksi sosial ini akan diserahkan kepada UTD PMI Kota Pontianak.

Darah tersebut, lanjut dia, nanti akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan untuk transfusi darah.

Komandan Denhanud 473 Paskhas berharap aksi sosial ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Lebih dari itu, dirinya juga berharap kegiatan donor darah ini dapat meningkatkan rasa peduli prajurit terhadap sesama.

"Mudah-mudahan, dengan kegiatan seperti ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama yang membutuhkan. Serta bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah," katanya.

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020