Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara melakukan tes cepat COVID-19 kepada 1.051 orang di kabupaten tersebut.

"Tes cepat ini kita lakukan untuk menekan angka konfirmasi COVID-19 di Kalbar dan ini kita lakukan di setiap daerah. Untuk di Kayong Utara, kita melakukan tes cepat kepada 1.051 orang sejak tanggal 14 sampai 16 Juli kemarin," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson di Pontianak, Jumat.

Harisson merincikan, tes cepat tersebut dilakukan kepada 384 orang ASN Kayong Utara dimana dari jumlah tersebut terdapat 6 orang yang reaktif dan selebihnya negatif.

Kegiatan tes cepat COVID-19 juga dilakukan di Pasar Simpang Empat Sukadana, dimana terdapat 107 orang yang mengikuti tes cepat COVID-19 dan hasilnya tidak ada yang reaktif.

Kemudian, tes cepat juga dilakukan di Pasar Siduk terhadap 174 orang dimana 3 orang diantaranya reaktif. Di Pasar Telok Melano terdapat 155 orang yang mengikuti tes dan hasilnya 6 orang yang reaktif.

"Selain itu di Pasar Telok Batang sebanyak 122 orang yang dites dan hasilnya tidak ada yang reaktif. dan Terakhir di Pasar Seponti, sebanyak 109 orang yang dites dan tidak ada yang reaktif," tuturnya.

Secara keseluruhan menurut Harisson dari proses tes cepat COVID-19 tersebut diikuti 1.051 orang dan 15 orang yang reaktif.

"Terhadap yang reaktif telah langsung diambil tes usap. Selanjutnya tracking keluarga yang reaktif diserahkan ke Dinkes Kayong Utara," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020