Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat Citra Duani bersama personel Kodam XII Tanjungpura meninjau kesiapan infrastruktur Desa Harapan Mulia Kecamatan Sukadana sebagai upaya bersama untuk merealisasikan Desa Mandiri di daerah itu.

"Desa Harapan Mulia menjadi satu dari tiga desa yang dipersiapkan menjadi Desa Mandiri oleh Kabupaten Kayong Utara di tahun 2020. Kita yakin melalui Karya Bhakti TNI dapat membantu percepatan desa menuju kemandirian," ujarnya saat dihubungi di Kayong Utara, Rabu.

Ia menambahkan bahwa melalui kerja sama yang baik antara pemerintah, TNI dan Polri bisa mewujudkan 425 Desa Mandiri di Kalbar tahun 2023 dan seluruh Desa Mandiri di Kayong Utara.

Menurutnya, pemerintah kabupaten terus mendorong setiap desanya untuk menuju kemandirian. Bupati Citra berharap sinergi ini dapat berlanjut untuk menghasilkan desa desa mandiri berikutnya.

"Berawal dari 1 desa mandiri di tahun 2018, 4 desa mandiri di tahun 2019. Saya harap semua desa di Kayong Utara dapat terpacu untuk menjadikan desa-desanya mandiri, pemerintah, TNI dan Polri mendukung penuh itu"

Pembangunan infrastruktur oleh Personil Kodim 1203 Ketapang berupa Jalan rabat Beton sepanjang 400 meter dan 2 bangunan poskamling ini dirasa memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. Citra meyakini pembangunan ini dapat mendongkrak ekonomi masyarakat dan percepatan desa mandiri.

"Di Desa Harapan Mulia ini mayoritas masyarakat petani dan nelayan. Untuk itu infrastruktur jalan terutama menuju persawahan sangat dibutuhkan untuk memudahkan produksi dan mengangkut hasil panen. Tentu saja jika akses baik perekonomian pun akan meningkat," terangnya.

Sementara itu, Pamen Ahli Bidang Ideologi Politik Kodam XII/Tanjungpura Kolonel Jajang mengatakan bahwa kunjungannya bersama Dandim 1203 Ketapang dalam rangka pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Karya Bhakti yang hasilnya akan dilaporkan langsung kepada Pangdam.

"Harapan kami tentunya kerjasama ini dapat berlanjut untuk mewujudkan desa yang kuat, mandiri dan sejahtera"
tutupnya.

Pewarta: Dedi/Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020