Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir melakukan panen perdana padi musim gadu milik petani di Desa Tani Makmur, Kecamatan Hulu Gurung, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dilahan seluas 97 hektare.

Setiap tahunnya petani di Desa Tani Makmur tersebut menghasilkan 170 ton beras yang cukup untuk memenuhi kebutuhan di Kecamatan Hulu Gurung, bahkan dipasarkan juga ke Kecamatan Jongkong dan Selimbau di wilayah Kapuas Hulu.

" Saya minta petani Kapuas Hulu tanam padi dilakukan dua kali dalam setahun, hal tersebut untuk meningkatkan produksi pertanian dalam ketahanan pangan," kata Abang Muhammad Nasir, saat panen perdana padi milik petani di Kecamatan Hulu Gurung, Kapuas Hulu, Selasa.
 
Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir beserta Forkompinda Kapuas Hulu saat panen perdana padi di Desa Tani Makmur, Kecamatan Hulu Gurung, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Istimewa)


Dikatakan Nasir, melakukan tanam padi dua kali dalam setahun dapat memulihkan perekonomian yang sempat lumpuh oleh COVID - 19.

Bahkan jika berbicara pertanian, kata Nasir, Dinas Pertanian wajib melaporkan seminggu sekali ketersediaan pangan, kepada menteri guna mengantisipasi kekurangan stok beras dan gula di tengan pandemi COVID - 19, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu.

" Petani di Desa Tani Makmur itu patut berbahagia bisa melakukan panen padi, semoga kedelapannya produksi hasil pertanian semakin di tingkatkan, namun yang tidak kalah penting lagi jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan," tegas Nasir.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020