Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat pada momen apel HUT Ke-75 RI memberikan penghargaan dan uang pembinaan kepada desa terbaik.

"Sebanyak tiga desa terbaik dalam evaluasi perkembangan dan perlombaan desa tingkat Kabupaten Kayong Utara tahun 2020. Juara 1 jatuh pada Desa Pemangkat Kecamatan Simpang Hilir, juara 2 jatuh pada Desa Teluk Batang Selatan Kecamatan Teluk Batang dan juara 3 jatuh pada Desa Harapan Mulia Kecamatan Sukadana," ujar Bupati Kayong Utara, Citra Duani, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan tahunan tersebut diikuti perwakilan setiap kecamatan yang ada di Kayong Utara, di mana selain piala dan piagam, desa juga mendapatkan uang pembinaan jutaan Rupiah.

Ia berharap supaya penghargaan yang diberikan harus ditingkatkan minimal dipertahankan. Kemudian hal itu sebagai motivasi kepada desa-desa lainnya agar tahun depan bisa berusaha lebih giat agar bisa mendapatkan penghargaan seperti ini juga.

"Kita berharap desa-desa bisa meningkatkan status desanya masing-masing desa yang baru berkembang menjadi desa maju sampai jadi desa mandiri. Hal itu karena semakin banyak desa mandiri artinya masyarakatnya semakin sejahtera,"jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pemangkat Mujiman yang mendapatkan juara 1 sebagai desa terbaik mengatakan, penghargaan tersebut buah hasil kerjasama antara pemerintah desa dan lembaga yang ada di desa.

"Dari segi administrasi, manajemen, dan pelayan serta Bumdes yang sudah berjalan dengan baik. Kami juga ucapkan terimakasih kepada lembaga masyarakat seperti PKK, LPM, RT dan tokoh masyarakat lainnya yang telah banyak membantu kami sehingga mendapatkan juara," kata dia.

Dalam penyelenggaraan upacara HUT ke-75 Republik Indonesia di Kayong Utara kali ini digelar secara terbatas dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan masyarakat dari pandemi COVID-19.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020