Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Irjen (Pol) R Sigid Tri Hardjanto ikut secara langsung dalam latihan pengendalian massa pada persiapan pengamanan Pilkada serentak di Kalbar tahun 2020.

"Sengaja kali ini saya mengajak seluruh pejabat utama dan seluruh peserta rakernis untuk mengikuti latihan Dalmas, untuk merefleksi dan mempersiapkan diri dalam menghadapi pengamanan Pilkada serentak nantinya," kata R Sigid Tri Hardjanto di Pontianak, Rabu.

latihan peragaan pleton pengendalian massa persiapan pengamanan Pilkada serentak itu digelar di halaman Jananuraga Mapolda Kalbar

Dengan menggunakan pakaian lengkap khas pleton Dalmas lengkap dengan tameng, jenderal bintang dua itu, tampak serius mengikuti arahan instruktur dalam memperagakan formasi. Latihan Dalmas itu juga diikuti seluruh pejabat utama Polda Kalbar.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar mengingatkan kepada Kepala Satuan (Kasat) Samapta di Polres jajaran setelah mengikuti Rakernis agar dapat mengimplementasikan kepada personel hingga di tingkat bawah. Ia juga berpesan untuk mempersiapkan segala kebutuhan dan melaporkan jika memiliki kendala.

"Para Kasat Samapta, setelah dari Rakernis agar dipersiapkan para personelnya dan harus tahu jumlah pleton Dalmas yang ideal, sehingga dari sekarang harus di inventarisir semuanya hingga peralatannya," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Samapta Polda Kalbar Kombes (Pol) Supriyanto menyebutkan latihan ini dalam rangka kesiapan Polda Kalbar bersama jajaran dalam menghadapi pengamanan Pilkada serentak tahun 2020.

“Untuk mengantisipasi kerawanan Pilkada, Polda Kalbar melalui Direktorat Sabhara memiliki pleton pengendalian massa. Selain untuk meningkatkan keterampilan, latihan juga untuk menjaga kekompakan serta kedisiplinan anggota, membentuk mental yang cerdas sehingga kinerja personel tetap maksimal," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020