Sebanyak 103 karya mengikuti lomba masker kreatif di Pontianak yang digelar Dekranasda dan saat ini sudah memasuki tahap penjurian.

"Antusias peserta untuk ikut lomba masker kreatif sangat tinggi dan terbukti yang ikut tembus 100 peserta," ucap panitia lomba, Harry Ronaldi di Pontianak, Senin.

Untuk tahap penjurian awal dipilih 30 peserta yang masuk nominasi. Dari peserta yang masuk nominasi baru dipulih juara 1, 2 dan 1 serta beberapa kategori khusus.

"Juara kategori khusus dibagi tiga pemenang yakni kategori paling inovatif, fashionable atau bergaya dan favorit. Untuk juara favorit berdasarkan like terbanyak di akun instagram Dekranasda Pontianak. Sedangkan dua kategori lainnya juri yang menentukan," katanya.

Baca juga: Dekranasda Pontianak gelar lomba desain Tenun Corak Insang 2020

Menurutnya dan para dewan juri, hasil karya peserta yang dikirim ke panitia sangat beragam dan menarik serta memberi warna baru.

"Mayoritas karya yang dikirim peserta ke panitia bagus- bagus dan juri bingung untuk memilihnya,"kata dia.

Pengumuman lomba kata dia akan dilakukan dengan perayaan puncak HUT Kota Pontianak pada 23 Oktober 2020 mendatang.

"Pengumuman lomba masker kreatif juga bersamaan dengan lomba tenun corak insang yang saat ini tengah memasuki masa pendaftaran,"jelas dia.

Terkait tujuan lomba menurutnya dalam rangka mendukung kreasi masyarakat di tengah wabah COVID-19. Saat wabah menurutnya masyarakat terus didorong untuk tetap berkarya, kreatif dan produktif.

"Saat tengah pandemi ini kita harus tetap kreatif dan produktif. Sehingga digelar lomba masker yang menarik, nyaman, kreatif dan bisa meminimalisir penyebaran COVID-19," kata dia.

Pemenang lomba menurutnya bisa melakukan produksi massal maskernya dan Dekranasda Kota Pontianak siap mempromosikan dan menjualkannya.

"Jadi nanti tergantung pemenang, mau produksi massal kita siap bantu promosi. Kami yakin tentu masyarakat akan tertarik masker hasil lomba ini," kata dia.

Baca juga: Aplikasi KirimAja berikan keuntungan pada pelaku UMKM di Pontianak
Baca juga: Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Sekadau semangati para pengrajin
Baca juga: Ketua Dekranasda Sekadau salurkan masker untuk petugas kebersihan

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020