Dekranasda Kota Pontianak menggelar desain Tenun Corak Insang 2020 dalam rangka melestarikan warisan budaya tak benda tersebut.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie mengatakan bahwa lomba tersebut juga sebagai peran pihaknya untuk memperkenalkan motif tenun corak insang lebih luas melalui lomba.

"Walaupun ada keterbatasan di era normal baru namun ide untuk berkreasi dan berinovasi tidak ada batasnya, kita tetap bisa berkarya dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi, " ujar Yanieta pada konferensi pers di gedung UMKM Center, Senin.

Yanieta memastikan bahwa lomba Desain Motif Tenun Corak Insang mulai dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus hingga 13 Oktober 2020 dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.

"Lomba ini dilaksanakan di era normal baru protokol kesehatan tetap diperhatikan dari pendaftaran, wawancara dan pemantauan akan dilakukan via dalam jaringan kemudian proses pertemuan menggunakan aplikasi ZOOM, " jelasnya.

Ia menyebutkan bahwa peserta lomba adalah masyarakat Kota Pontianak yang dibuktikan dengan KTP atau KK dengan batasan umur 17 - 45 tahun.

Bagi peserta yang ikut menurutnya wajib mengikuti akun instagram Dekranasda Kota Pontianak di @dekranasdapontianak kemudian mendaftar pada link: https://bit.lyLombaDesainMotifCorakInsang2020 mulai tanggal 11 Agustus hingga 13 September 2020.

"Format formulir desain motif juga dapat diunduh melalui link yang terdapat di bio Instagram @dekranasdapontianak," katanya.

Sementara untuk penyerahan sketsa paling lambat diterima oleh panitia selambat-lambatnya pada tanggal 13 September 2020 jam 24.00 WIB.

Jadwal pelaksanaan kegiatan lomba Desain Motif Tenun Corak Insang Tahun 2020 meliputi pendaftaran dan penyerahan sketsa, 11 Agustus - 13 September 2020, penyeleksian dan pengumuman finalis, 14 - 22 September 2020, wawancara dan pemaparan desain, 10 - 13 Oktober 2020 dan pengumuman pemenang pada 23 Oktober 2020.

"Ada tiga pemenang terbaik yang dipilih. Uang tunai jutaan Rupiah dan piagam bagi pemenang. Informasi lengkap bisa dilihat di instagram," kata dia.

Selain lomba motif, Dekranasda Pontianak juga menggelar lomba masker kreatif Pontianak. Hal itu untuk mendukung kreasi masyarakat di tengah wabah COVID-19.

"Saat tengah pandemi ini kita harus tetap kreatif dan produktif. Nah, silahkan juga ikut lomba masker yang menarik, nyaman, kreatif dan bisa meminimalisir penyebaran COVID-19," kata dia.

Baca juga: Masyarakat dilatih tenun corak insang Pontianak
Baca juga: Pontianak Tampilkan Corak Insang Pada Pameran Kriyanusa
Baca juga: Tenun Corak Insang Pontianak Pikat Pengunjung Inacraft

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020