Wakapolda Kalbar Brigadir Jenderal Polisi, Asep Safrudin mengingatkan dengan tegas agar seluruh personel Polri yang terlibat dalam pengamanan Pilkada serentak di tujuh kabupaten di Kalbar agar tetap menjaga protokol kesehatan cegah penyebaran COVID-19. 

"Demi memberikan rasa aman kepada masyarakat, kami menggelar kekuatan untuk melaksanakan patroli gabungan bersama TNI dan instansi terkait. Juga sebagai langkah deteksi dini meminimalisir terjadinya pelangaran pelanggaran Pilkada," kata Asep Safrudin di Sintang, Rabu.  

Dalam kesempatan itu, Wakapolda Kalbar juga memberikan imbauan kepada warga tentang 15 hal baru di tempat pemungutan suara untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Pada masa COVID-19 ini ada 15 hal baru dalam proses pemungutan suara di TPS dalam Pilkada serentak 2020 yang harus dipatuhi. Dimana diantaranya, pengaturan jam kehadiran pemilih, penggunaan masker, penggunaan sarung tangan, dilarang bersalaman dan lain-lain," jelasnya.

Dalam rangka kunjungan kerja itu, Brigjen Pol Asep Safrudin selama berada di wilayah hukum Polres Sintang, ingin  memastikan pengamanan Pilkada berjalan lancar.

Menurut dia, menjelang pelaksanaan pemungutan suara rentan terjadinya gesekan antara pendukung pasangan calon.

"Berikan imbauan kepada masyarakat agar turut menciptakan pilkada yang aman, bermartabat dan sehat," tambahnya.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020