Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan mengatakan pihaknya melakukan vaksinasi terhadap beberapa pemuda yang ada di kabupaten itu, sebagai pelopor program vaksinasi COVID-19.

"Hari ini kita memberikan vaksin COVID-19 kepada perwakilan pemuda yang ada di Kubu Raya, yang diwakilkan dari beberapa organisasi kepemudaan dan agama yang ada di Kubu Raya," kata Marijan di Sungai Raya, Kamis.

Pihaknya mengharapkan, dengan dilakukannya vaksinasi COVID-19 kepada para pemuda ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat khususnya para pemuda lainnya di Kubu Raya agar bisa ikut menyukseskan program tersebut.

"Sesuai dengan sasaran vaksinasi COVID-19 ini yaitu mereka yang berusia di antara 18 sampai 55 tahun. Sehingga apa yang kita lakukan hari ini menjadi ikhtiar bersama dalam menanggulangi pandemi COVID-19," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Marijan menambahkan, dari tanggal 14 Januari kemarin sampai tanggal 21 Januari hari ini, sudah ada 140 tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Kubu Raya.

"Memang jumlah nakes sasaran vaksinasi COVID-19 di Kubu Raya ada 1700 lebih. Namun, sampai hari ini baru ada 140 lebih tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksinasi COVID-19," katanya.

Dijelaskannya, sesuai dengan prosedur pemberian vaksin, petugas vaksinasi akan melakukan pengecekan intensif terhadap nakes yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 tersebut. Jika ada nakes yang memiliki penyakit bawaan, atau sudah lanjut usia, tentu jumlah yang ditargetkan akan mengalami pengurangan.

"Namun, sejauh ini, proses vaksinasi COVID-19 di Kubu Raya berjalan dengan baik, dan kita belum menemukan kendala. Demikian dengan mereka yang sudah di vaksin, belum ada yang menunjukkan gejala kejadian ikutan pasca imunisasi (kipi)," katanya.

Dirinya berharap, masyarakat Kubu Raya bisa bersama-sama menyukseskan program vaksinasi COVID-19 ini, agar dalam waktu dekat, pandemi tersebut bisa segera berlalu.

"Sesuai pesan pak bupati, kita harus melakukan kepong bakol dalam menyukseskan program vaksinasi ini, sehingga kita mengajak masyarakat untuk bersama-sama menggencarkan sosialisasi vaksinasi COVID-19 di lingkungan mereka masing-masing," kata Marijan.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021