Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat siap mendistribusikan 1.400 vaksin COVID-19 ke sembilan puskesmas untuk pelaksanaan program vaksinasi di daerah itu mulai Kamis (28/1).
 
"Kami sudah terima 1.400 vial vaksin dan langsung diperiksa oleh tim internal sesuai prosedur pelaksanaan penerimaan vaksin Sinovac sebelum didistribusikan ke sembilan pelayanan kesehatan yang ada di Kayong Utara, besok," kata Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kayong Utara Bambang Suberkah di Sukadana, Ibu Kota Kabupaten Kayong Utara, Rabu.
 
Dia mengatakan pada tahap pertama vaksinasi akan dilakukan untuk tenaga kesehatan, baik mereka yang setiap hari berhubungan langsung dengan masyarakat maupun lainnya yang sudah didaftarkan.
 
Dia menjelaskan setelah tenaga kesehatan divaksin, selanjutnya untuk polisi, tentar,a dan pelayan publik lainnya, dan setelah itu masyarakat umum.
 
Ia meminta kepada masyarakat agar tidak takut untuk divaksin karena vaksin telah diuji secara klinis dan dipastikan halal karena telah keluar sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
 
"Vaksinasi itu penting untuk meningkatkan imun tubuh kita, jadi beruntung juga yang sudah pernah positif COVID-19 karena sistem kekebalan tubuh sudah terbentuk dan tidak perlu di vaksin," kata Bambang.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021