Serimonial peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 Satuan Pengaman (Satpam) tahun 2020 yang sempat tertunda akhirnya dapat dilakukan secara virtual dari Jakarta ke seluruh Indonesia. Usai kegiatan serimonial itu, Polda Kalbar bekerjasama dengan BPD Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Kalbar melanjutkan dengan kegiatan potong tumpeng dan ramah tamah di Pontianak.

"Sebenarnya, HUT Satpam ini kami peringati setiap tanggal 30 Desember 2020. Namun karena pandemi COVID-19, kegiatan HUT ke-40 Satpam baru dapat kami lakukan hari ini. Memang tidak semeriah seperti peringatan HUT di tahun-tahun lalu. Karena kami harus mengutamakan protokol kesehatan dan tidak mengundang banyak pihak pada masa pandemi ini," kata Ketua Panitia HUT ke-40 Satpam di Kalbar, Abdullah di Pontianak, Selasa.

Ia mengatakan, sebagai bapak kandung, Polri mulai dari Mabes hingga Polda Kalbar telah mewanti-wanti agar penerapan protokol kesehatan dan pembatasan undangan yang hadir pada perayaan itu harus diperhatikan benar-benar. 

"Jadi kami laksanakan perayaan HUT itu sesuai dengan acuan dari Mabes Polri dan Polda Kalbar. Selain itu sebelumnya, kami segenap anggota dan pengurus Abujabi Kalbar bersama 40 asosiasi BUJP di Kalbar juga telah melakukan kegiatan bakti sosial ," katanya.


Abdullah juga mengatakan, bakti sosial berupa pembagian puluhan paket Sembako di dua panti asuhan. Tidak hanya itu, sebagai rasa bentuk kepedulian dengan sesama, masih dalam rangkaian kegiatan HUT Satpam, Abujapi Kalbar juga memberikan bantuan paket Sembako kepada para Satpam yang dirumahkan kerena terdampak pandemi COVID-19.

"Bantuan yang disalurkan itu kami harapkan dapat membantu, terutama kepada rekan-rekan Satpam kami yang di rumahkan dan tidak bekerja lagi karena pandemi," katanya.

Abdullah menambahkan Abujapi Kalbar berharap dengan bertambahnya usia, Satpam khususnya yang ada di Kalbar kedepannya dapat lebih meningkatkan profesional kinerjanya.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021