Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak pemerintah desa dan Kecamatan Sungai Kakap untuk berlomba-lomba mengembangkan potensi wisata desa, guna mempercepat pemulihan dan menumbuhkan ekonomi  masyarakat.

"Destinasi wisata di Kecamatan Sungai Kakap ini juga mempunyai keunikan tersendiri di antaranya memiliki Kelenteng Tengah Laut dan ini satu-satunya ada di Indonesia bahkan di dunia (one in a world) dan masyarakatnya juga memiliki modal sosial yang sangat baik, karena hampir semua warganya di masing-masing desa memiliki modal sosial yang bagus dan mempunyai solidaritas serta kerjasama (kepong bakol) yang baik dan kompak," kata Muda di Sungai Raya, Rabu.

Untuk itu, pihaknya juga akan berusaha bagaimana pasar UMKM kuliner maupun desa wisata, mengingat Kecamatan Sungai Kakap banyak memiliki desa wisata. Kemudian, hampir semua desa di kecamatan ini saling berlomba-lomba menciptakan wisata-wisata desa dan yang menarik.

Wisata religius juga dikembangkan di kecamatan Sungai Kakap yang posisinya tidak jauh dari ibukota provinsi, tentunya hal ini menjadi satu diantara destinasi wisata pilihan di Kalbar.

Sebagai kecamatan yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 118 ribu jiwa dan terbesar kedua di Kabupaten Kubu Raya setelah kecamatan Sungai Raya, pemkab Kubu Raya akan memperjuangkan pengadaan air bersih dan revitalisasi pasar Kakap, Sungai Rengas dan pasar lainnya yang juga akan diperkuat di perbatasan Kubu Raya dengan kecamatan Sungai Kakap.


"Alhamdulillah, di saat semua daerah di Indonesia pertumbuhan ekonominya mengalami minus, namun Kabupaten Kubu Raya tetap plus 1,16 persen 9 (data BPS 2020). Kondisi ini dapat dirasakan denyutnya dan dengan modal berbasis pertanian pangan, berbasis hortikultura, sayuran, buah-buahan, berbasis perikanan, berbasis perkebunan rakyat dan semuanya ada di kabupaten ke 12 di Kalbar ini," tuturnya.

Sementara itu, Camat Sungai Kakap Rusdety merasa yakin langkah dan kebijakan Bupati Kubu Raya sudah berjalan di Kecamatan Sungai Kakap, baik infrastruktur mendasar maupun infrastruktur sosial mendasar lainnya. 

Rusdety mengajak semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat melalui sumber daya alam yang ada dan melalui kemampuan yang dimiliki dengan melibatkan ibu-ibu dan kaum perempuan yang ada di kecamatan Sungai Kakap, khususnya terkait pengembangan program UMKM 

"Dengan program yang akan dijalankan ini, ke depan kami bisa lebih kuat, mampu bersaing dan juga keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di masing-masing desa digarapkan mampu membangun ekonomi masyarakat secara bersama-sama dan diharapkan ke depannya ada BUMD di Kabupaten Kubu Raya agar bisa bekerjasama dengan BUMDes-BUMDes yang ada di masing-masing desa," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021