Pengurus Kelenteng Paticca Samuppada di Pontianak, Kalbar mengikuti protokol kesehatan (prokes) saat pelaksanaan ibadah dalam menyambut perayaan malam Tahun Baru Imlek 2572.

"Hingga saat ini semua persiapan untuk penyelenggaraan sembahyang malam Imlek sudah mencapai 100 persen, termasuk dalam penerapan prokes dalam mencegah penyebaran COVID-19," kata Herison Herman, salah satu dari enam pengurus di Kelenteng Paticca Samuppada di Pontianak, Kamis.

Dia menjelaskan sejak beberapa hari lalu menjelang Imlek, pihaknya sudah melalukan berbagai persiapan, mulai dari membersihkan Kelenteng, mengelap, mencuci semuanya yang perlu dicuci.

Ia mengatakan perayaan Imlek tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Tahun ini kemungkinan agak sepi karena pemerintah mengimbau masyarakat agar menghindari keramaian, Gubernur Kalbar juga sudah sudah berpesan seperti itu. Tinggal kita sendiri yang melaksanakannya dalam mematuhi protokol kesehatan itu," katanya.

Meskipun, begitu menurut dia, pintu masuk Kelenteng tetap dibuka untuk umum, dan setiap pengunjung yang datang ke Kelenteng harus mengikuti protokol kesehatan.

"Jadi orang yang datang Sembahyang juga harus bergantian, dan begitu selesai Sembahyang langsung pulang, baru yang lain boleh masuk," ujarnya.

Dalam menerapkan protokol kesehatan, pihaknya juga telah menyediakan tempat untuk cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, wajib memakai masker dan jaga jarak.

"Kalau untuk protokol kesehatan kita sudah menyediakan tempat untuk cuci tangannya, selalu memakai masker dan jaga jarak juga," tambahnya.

Di tahun Kerbau Emas ini, ia berharap pandemi COVID-19 segera berakhir di akhir tahun nanti. "Saya berharap di tahun Kerbau Emas ini, penyakit ini sudah tidak ada lagi di akhir tahun nanti," ujarnya.

Kelenteng Pattica Samuppada ini merupakan Kelenteng tertua di Kalimantan Barat. “Kelenteng ini sudah berdiri sejak sekitar 400 tahun lalu. Saya sendiri di sini sudah sejak tahun 1978. Dulu di sini itu masih hutan sekarang malah posisinya sudah di tengah Kota Pontianak," kata Herison.


 

Pewarta: Tim magang/Nuritasya

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021