BEM Poltesa menggelar Pendidikan Karakter (PENDIKAR) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 pada hari sabtu & minggu,13 dan 14 februari 2021 di kampus poltesa.

Walaupun dikondisi covid 19 seperti sekarang, pendikar tetap dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dari total 500 mahasiswa baru, kegiatan ini dilaksanakan menggunakan sistem gilir, yakni pembagian hari untuk setiap kelas atau menggunakannsistem shift.

Pendikar ini akan dilaksanakan selama 6 bulan kedepan, setiap bulan ada 2 kali pendikar. Cakupan materi yang disampaikan yakni nilai nilai pancasila, bela negara, kerohanian, serta pentingnya peran mahasiswa terhadap sosial bermasyarakat

Pendikar ini dilaksanakan untuk membangun dan membentuk karakter mahasiswa yang peka terhadap permasalahan sosial, bangsa dan negara serta lebih mendalami fungsi fungsi Mahasiswa sebagai agent of change, agent of control dan iron stock. Inilah pentingnya pendidikan karakter bagi pertumbuhan mahasiswa.

Di era millennial seperti sekarang ini, banyak mahasiswa yang lebih memilih "menutup diri" dari permasalahan permasalahan bangsa yang terjadi, berada dizona nyaman dengan nongkrong tidak jelas tanpa ada pembahasan diskusi terkait permasalahan sosial. Mahasiswa sudah mulai melupakan nilai nilai tri dharma perguruan tinggi yang harusnya tertanama didalam kepribadian karakter setiap mahasiswa.

Melalui pendidikan karakter ini diharapkan terjadi transformasi yang dapat menumbuhkembangkan karakter positif, serta mengubah watak dari yang tidak baik menjadi baik. Sebagainana Ki Hajar Dewantara dengan tegas menyatakan bahwa pendidikan merupakan daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intellect), dan tubuh anak.

Pendidikan karakter ini diharapkan dapat menanamkan nilai nilai positif untuk membangun karakteristik mahasiswa lebih baik lagi, sadar akan fungsi dan peran mahasiswa dilingkungan kampus, masyarakat, bangsa dan negara.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021