Pertahanan negara bukan hanya menjadi kewajiban prajurit TNI, yang berada di garda terdepan. Setiap anak bangsa tak kalah berperan penting untuk menjaga kedaulatan dari ancaman yang mengganggu keutuhan bangsa.

"Oleh karenanya, semangat nasionalisme perlu terus ditumbuhkan di segala lapisan masyarakat sejak usia dini. Prajurit TNI memiliki siasat cerdas melakukan pembinaan masyarakat dalam ketahanan negara yang dimulai dari tingkat desa," kata Pelda Didik koordinator lapangan TMMD Kodim 1206/PSB, Minggu.

Baca juga: TMMD Kodim 1206/PSB satukan langkah demi memajukan desa

Ia mengatakan, program TMMD yang selama ini berjalan, tak sekadar bergerak pada pembangunan fisik melainkan juga nonfisik.

"Di antaranya berupa penyuluhan radikalisasi terorisme, bahaya narkotika dan lain sebagainya. Prajurit TNI juga melakukan pemberdayaan ekonomi, pertanian, pendidikan, serta kesehatan," kata Pelda Didik, Minggu.

Ia mengatakan, TMMD Reguler ke- 110 di wilayah Kodim 126/PSB berlangsung di Pengkadan, Selama satu bulan, prajurit TNI terjun ke masyarakat untuk melaksanakan beragam kegiatan.

"Edukasi pada usia dini sangatlah penting terutama tentang Pertahanan Negara dan inilah waktu yang tepat,dan kita mulai dari Pedalaman dikarenakan sasaran TMMD ke 110 ini berada di perbatasan,di sinilah benteng negara harus di bangun," tutupnya.

Baca juga: Di tengah tugas TMMD anggota TNI cuci baju sendiri
Baca juga: Ucapan terima kasih dari Kepala Desa untuk Satgas TMMD Kodim 1206/PSB
Baca juga: Keberadaan anggota TMMD membawa rejeki bagi pemilik warung di Pengkadan

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021