Para istri wali kota se- Kalimantan saat melakukan kunjungan ke UMKM Center yang menjadi bagian dari ladies program Rapat Kerja Komisariat V Apeksi Regional Kalimantan 2021 mengaku takjub terhadap aneka produk UMKM binaan Dekranasda Kota Pontianak.

“Kunjungan ini menjadi pengalaman bagi kami untuk melihat produk, program dan binaan Dekranasda Kota Pontianak yang sangat baik,” ujar Ketua Rombongan Ladies Proram yang juga merupakan Istri Wali Kota Tarakan, Sitti Rujiah di Pontianak, Kamis.

Menurutnya dengan melihat produk di Dekranasda Kota Pontianak yang ada menjadi bahan pembelajaran pihaknya untuk di bawah ke daerah masing – masing.

“Kami izin dengan Dekransda Kota Pontianak dari beberapa produk untuk kami tiru karena bahan baku di kami juga ada,” jelas dia.

Ia menjelaskan bahwa di tengah pandemi COVID-19, UMKM harus menjadi perhatian dan terus dibina sebagaimana arahan dari Dekranasda nasional.

“Tugas kita bersama untuk terus membina dan ikut mempromosikan serta membeli produk UMKM,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Pontianak,  Yanieta Arbiastutie dalam kesempatan itu menjelaskan terkait gedung UMKM Center Dekranasda Kota Pontianak yang memiliki multifungsi bagi membina UMKM di kota tersebut.

“Dalam UMKM Center Dekranasda Kota Pontianak yang dibangun 2019 lalu ini terdiri lima lantai dan semua difungsikan mulai untuk pameran di luar, galeri produk kerajinan, kuliner, ruang pelatihan dan ruang kolaborasi fashion. Sarana UMKM Center ini kita maksimalkan untuk memajukan UMKM Kota Pontianak,” jelas dia.

Ia berbagi pengalaman kepada istri wali kota se- Kalimantan yang juga merupakan ketua dekranasda di kota masing – masing untuk terus mengenalkan produk binaan dan membeli produk binaan yakni selalu membawa tamu pemerintahan dan swasta ke Dekranasda.

“Jadi kita kita untuk membantu UMKM di Kota Pontianak satu di antaranya bekerjasama dengan Wali Kota Pontianak dan pihak lainnya untuk selalu berkunjung ke Dekranasda Pontianak. Dengan berkunjung mayoritas yang datang membeli. Dengan begitu produk UMKM laku. Itu contoh dan peran kita memajukan daerah kita,” jelas dia.

Ia mengucapkan terima kasih kepada para istri wali kota se- Kalimantan yang akan mencontoh binaan dalam memajukan UMKM dan Dekranasda di daerah masing – masing.

“Mari kita terus berbuat untuk UMKM meski di tengah pandemi bukan berarti kita tidak bergerak,” kata dia.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021