Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi pembentukan Kampung Sehat Merak binaan Nasyiatul Aisyiyah di Gang Merak II, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota.

"Kami mengapresiasi inisiasi Nasyiatul Aisyiyah yang membentuk lingkungannya menjadi Kampung Sehat dalam menciptakan masyarakat maupun generasi muda yang sehat dan cerdas," kata Edi usai peluncuran Kampung Sehat di SD Muhammadiyah 03, Kelurahan Mariana, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu.

Ia berharap Kampung Sehat Merak bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Kota Pontianak dalam mewujudkan kampung yang sehat.

Upaya untuk mewujudkan lingkungan dan masyarakat kampung harus sehat, menurut dia, membutuhkan partisipasi aktif dari semua pihak, termasuk aparat pemerintah mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan.

Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kota Pontianak Ufi Ruhamah menjelaskan, Nasyiatul Aisyiyah Kota Pontianak membentuk Kampung Sehat Merak bekerja sama dengan Kitamura, Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak, serta aparat pemerintah dan warga setempat. 

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, Nasyiatul Aisyiyah Kota Pontianak juga bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kota Pontianak dan Provinsi Kalimantan Barat.

Program Kampung Sehat mencakup pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian sembako, khitanan massal, dan penyuluhan kesehatan. 

"Kami juga akan memberikan pendidikan bagi anak-anak lingkungan sekitar, khususnya di RW 08 Kelurahan Mariana," kata Ufi.

 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021