Kemacetan di Pontianak meningkat jelang Lebaran sehingga Kasat Lantas Polres Kota Pontianak AKP Rio Sigal Hasibuan menempatkan sejumlah personel polisi untuk antisipasi kondisi tersebut.

"Kami melibatkan semua personel terutama personel polisi pengatur lalu lintas baik dari Polresta Pontianak, dan dukungan dari seluruh polsek dalam pengamanan dan antisipasi kemacetan menjelang Lebaran Idul Fitri," ujar Rio Sigal Hasibuan di Pontianak Jumat.

Dia juga mengatakan, daerah yang diprioritaskan untuk ditempatkan polisi pengatur lalu lintas adalah di kawasan-kawasan Pasar Juadah yang tersebar di enam kecamatan yang ada di Kota Pontianak.

Rio menambahkan, terjadinya peningkatan arus lalu lintas di wilayah Kota Pontianak terutama di setiap perempatan, misalnya perempatan Hotel Garuda, apalagi menjelang berbuka puasa.

"Sering kita pantau di seputaran wilayah Kota Pontianak yang terjadi peningkatan arus lalu lintas yaitu di perempatan Hotel Garuda. Terjadi kepadatan karena adanya penyempitan jalan menuju Jembatan Kapuas I, yakni mulai 10.00 WIB pagi hingga pukul 23.00 WIB," ujarnya.

Selain itu, ada beberapa ruas jalan juga terjadi kepadatan lalu lintas menjelang Lebaran Idul Fitri, seperti di perempatan Jalan Ampera, PGA dan perempatan Jalan Tanjung Raya.

Dia mengatakan, dalam satu minggu belakangan ini selalu terjadi kepadatan lalu lintas, itu karena masyarakat keluar dalam waktu bersamaan sehingga terjadi kemacetan di jalan-jalan protokol.

Dia mengatakan, walaupun terjadi peningkatan arus lalu lintas mulai sore hingga malam, namun tetap ada penurunannya atau tidak padat juga pada jam-jam tertentu.

 

Pewarta: Andilala dan Sucia Lucinda

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021