Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu Gunawan mengingatkan agar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro dapat dilaksanakan hingga tingkat desa.

"Untuk mempercepat penanggulangan COVID-19 perlu komitmen dan kesadaran semua pihak termasuk PPKM skala mikro di tingkat desa," kata Gunawan, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin.

Disampaikan Gunawan, sebaran COVID-19 akan sulit dihentikan apabila semua pihak tidak sinergis, baik pemerintah, TNI, Polri hingga lapisan masyarakat.

Menurut dia, yang tidak kalah pentingnya lagi yaitu disiplin protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilisasi.

"Sebaran COVID-19 harus kita lawan bersama, karena jika tidak ada sinergi sampai lapisan masyarakat sebaran COVID-19 susah kita hentikan," jelas Gunawan.

Gunawan mengatakan selama ini pemerintah melalui Satgas percepatan penanggulangan COVID-19 terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat mau pun langkah-langkah penanggulangan COVID-19 lainnya.

"Yang jelas kesadaran kita semua untuk tetap menerapkan pola hidup bersih demi kesehatan dan keselamatan diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat," pesan Gunawan.***3***

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021