Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, mengintensifkan 20 Puskesmas yang ada di daerah itu untuk menggencarkan capaian vaksinasi COVID-19.

"Saat ini kami terus memperkuat dan menggencarkan vaksinasi COVID-19 melalui jejaring di 20 Puskesmas dan sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang tersebar di 118 desa. Hal ini kita lakukan sesuai instruksi bapak Bupati," kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan di Sungai Raya, Minggu.

Dia menjelaskan, untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas, pihaknya sudah menjadwalkannya dan mengkoordinir pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Sejak Rabu kemarin, katanya, sebaran vaksinasi di tingkat desa ini sudah dilakukan serentak di seluruh kecamatan.

Marijan menambahkan, untuk vaksinasi COVID-19 secara massal dosis pertama di Kubu Raya saat ini menggunakan vaksin Moderna.

"Untuk sistem pendaftaran vaksinasi COVID-19 massal di tingkat kecamatan dan desa ini menggunakan dua sistem, diantaranya sistem online dan manual. Jadi peserta vaksinasi hari ini sudah terdata dan terdaftar di aplikasi dan di Puskesmas," tuturnya.

Dia juga menjelaskan, pihaknya melalui Puskesmas dan fasyankes juga menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis kedua untuk melanjutkan vaksin dosis pertama dengan menggunakan vaksin Sinovac di Sungai Raya Dalam.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua semuanya sudah terjadwal dan sedang dilaksanakan sesuai jadwal yang diserahkan masing-masing tim dari Puskesmas yang disampaikan ke kami dan kami juga sudah menyiapkan vaksin yang saat masih tersedia," kata Marijan.

Dia juga menjelaskan, untuk ketersediaan vaksin di Dinas Kesehatan dalam satu minggu ke depan sudah mencukupi untuk sasaran 1.600 orang. Dirinya memastikan sampai akhir Agustus ketersediaan dua jenis vaksin (Sinovac dan Moderna) masih mencukupi untuk masyarakat.

"Makanya, untuk vaksinasi dosis pertama (Sinovac) kita khususkan untuk 10 Puskesmas yang berada di daratan, sedangkan vaksin dosis kedua (Moderna) dikhususkan untuk 10 Puskesmas yang berada di wilayah pesisir Kubu Raya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko rantai dingin dari Moderna yang ada, jadi kita prioritaskan dulu vaksin Moderna ini di Puskesmas yang berada di daratan," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021