Pelayanan vaksinasi COVID-19 telah menjangkau sekitar 2.000 orang per hari di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, menurut Kepala Dinas Kesehatan setempat.

"Target kita hingga akhir tahun ini ini dapat mencakup 50 persen terlaksananya vaksinasi COVID-19 di Ketapang dari total sasaran," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang Rustami saat dihubungi di Ketapang, Kamis.

Jumlah warga yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Ketapang tercatat 414.520 orang dan hingga pertengahan Oktober 2021 cakupan vaksinasi di daerah itu baru sekitar 21 persen.

Rustami mengimbau warga menjalani vaksinasi serta menaati protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus corona penyebab COVID-19.

"Kita imbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara maksimal sembari mengikuti program vaksinasi," katanya.

Ketapang merupakan satu dari 11 kabupaten di Kalimantan Barat yang bergeser dari wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 2 ke Level 3.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson mengatakan bahwa status PPKM kabupaten-kabupaten itu meningkat karena cakupan vaksinasinya masih rendah.

“Jika capaian vaksinasi dosis pertama masih di bawah 40 persen, maka level PPKM suatu kabupaten atau kota akan dinaikkan satu level. Kabupaten Ketapang itu, capaian vaksinasi dosis pertamanya masih di bawah 40 persen,” kata dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021