Perusahaan perkebunan kelapa sawit Sinarmas membantu pemerintah lakukan percepatan program vaksinasi untuk 2.658 warga di dua kecamatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Vaksinasi massal itu, sukses digelar di Kecamatan Nanga Suhaid dan Silat Hilir wilayah Kapuas Hulu dengan mengandeng Polda Kalimantan Barat dan tenaga kesehatan daerah setempat.

"Vaksinasi massal itu sebagai bentuk dukungan perusahaan perkebunan kelapa sawit terhadap program gebrakan  vaksinasi Tim Satgas COVID-19 Kalimantan," kata Regional Controler perkebunan Sinar Mas Wilayah Semitau Herman TW, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Herman menjelaskan, gebrakan vaksinasi atau vaksinasi massal itu dilaksanakan pada 18-20 Oktober 2021 di sekitar kawasan PT PT Kartika Prima Cipta Kecamatan Nanga Suhaid dan PT Persada Graha Mandiri Kecamatan Silat Hilir.

Menurut dia, sasaran vaksinasi yaitu karyawan perusahaan dan masyarakat umum di dua kecamatan.

"Targetkan sebanyak 3.000 orang, dengan pencapaian peserta vaksin 781 orang di PT Kartika Prima Cipta dan sebanyak 1.877 orang di PT Persada Graha Mandiri," jelas Herman.

Sementara itu, Koordinator pelaksanaan vaksin dosis pertama Polda Kalbar AKP Muhammad Rafik mengatakan kegiatan vaksinasi itu merupakan sinergitas antara perusahaan perkebunan sawit bersama TNI, Polri dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu khususnya di Kecamatan Suhaid.

Ia mengatakan vaksinasi yang digelar oleh PT Kartika Prima Cipta dan PT Persada Graha Mandiri tersebut mendapatkan sambutan yang baik.

"Masyarakat sangat antusias, termasuk dari lansia, ibu hamil bahkan anak remaja juga banyak yang datang. Mereka  sangat bersemangat," kata Muhammad Rafik.

Sementara itu Camat Suhaid Joko Kusmanto mengatakan vaksinasi massal yang diselenggarakan perusahaan sawit itu sangat membantu masyarakat di wilayahnya.

Menurutnya, vaksinasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah sebaran COVID-19.

"Kita perlu lakukan antisipasi ancaman COVID-19, dan menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan salah satunya dengan vaksin," kata Kusmanto.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Sentabai Kecamatan Silat Hilir Alexander menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PT Persada Graha Mandiri yang bekerjasama dengan semua pihak termasuk Polda Kalbar dan pemerintah daerah dalam melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat di desanya.

Dirinya berharap melalui percepatan vaksinasi itu pandemi COVID-19 segera berakhir.

"Vaksinasi itu sangat bermanfaat bagi masyarakat, dengan semangat kebersamaan termasuk dari perusahaan perkebunan kelapa sawit menunjukkan kepedulian membantu masyarakat dan pemerintah agar pandemi segera berakhir," kata Alexander.

Penyelenggaraan vaksinasi tersebut sejalan dengan Motto yang dicanangkan, yaitu Gebrakan Vaksin Kalbar wujudkan masyarakat yang sehat dan produktif dengan Vaksinasi COVID-19.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021