Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui instansi vertikal Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Putussibau, Bea Cukai Nanga Badau dan Kantor Pajak Putussibau menyosialisasikan terkait peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dikalangan pelajar di Putussibau wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Kami mengenalkan dan menumbuhkan kesadaran peran APBN kepada masyarakat khususnya generasi muda dalam hal ini pelajar sebagai generasi bangsa," kata Kepala KPPN Putussibau Chandra Wibowo, saat pelaksanaan kegiatan di Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) Putussibau, di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Chandra, kegiatan itu dinamai Goes to school dalam rangka peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-75 yang juga bertepatan dengan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Dengan semangat sumpah pemuda diharapkan para pelajar yang merupakan calon pemimpin masa depan mengetahui apa itu APBN dan peran APBN dari berbagai sektor pembangunan.

Sementara itu, Kepala MAN I Kapuas Hulu, Syahputra Gunawan menyambut baik kegiatan Kemenkeu goes to school.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut para pelajar MAN I Kapuas Hulu dapat memperoleh pengetahuan yang mungkin selama ini belum diajarkan di bangku sekolah.

"Melalui Goes to school suatu pengetahuan baru untuk anak didik kami, kegiatan itu sangat bermanfaat bagi pelajar," ucap Syahputra Gunawan.

Dalam acara tersebut masing-masing perwakilan instansi vertikal menyampaikan paparan singkat.

Perwakilan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Putussibau menyampaikan seputar perpajakan dan peran pajak bagi pembangunan.

Sedangkan perwakilan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Nanga Badau menyampaikan tentang kepabeanan dan cukai.

Kemudian perwakilan dari KPPN Putussibau menjelaskan peran APBN dari sisi belanja negara. ***3***

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021