Kasat Reskrim Polresta Pontianak, AKP Indra Asrianto mengatakan pihaknya, saat ini menyelidiki penyebab kebakaran rumah yang berada di kawasan pemukiman padat di Jalan Selat Sumba, Gang Matuka RT/RW 003/012, Kelurahan Siantan Tengah, Kecamatan Pontianak Utara, Kalimantan Barat.

"Kebakaran itu terjadi Rabu malam (3/11) sekitar pukul 20.10 WIB, dampaknya tiga unit rumah warga hangus terbakar, yakni milik Achoi (59), Ajung (60), dan Akiong (65)," kata Indra Asrianto di Pontianak, Kamis.

Dia menjelaskan, dari keterangan saksi Achoi (59) sekitar pukul 20.20 WIB pada saat kejadian dirinya sedang berada di lantai bawah dan mencium bau asap terbakar.

"Sesaat kemudian dari dalam rumah saya mendengar suara warga yang berteriak dan menggedor rumah bahwa di lantai dua rumah sudah terbakar. Mengetahui hal tersebut saya dan keluarga langsung menyelamatkan diri keluar dari rumah," ungkapnya.

Hal senada juga diakui oleh, Ajung (60). Saat dia sedang berada di teras rumah tiba-tiba ada warga yang sedang melintas di depan rumahnya kemudian berhenti memberitahunya bahwa telah terjadi kebakaran di sebelah rumahnya.

"Saya langsung keluar rumah dan melihat api sudah berkobar di lantai dua atau bagian atap rumah saya. Melihat hal tersebut saya kemudian berteriak meminta pertolongan kepada warga lainnya dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya sambil menunggu pihak pemadam kebakaran tiba di lokasi," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kasat Reskrim Polresta Pontianak menambahkan, tercatat ada tiga rumah warga yang terbakar dalam musibah tersebut.

"Kobaran api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.30 WIB dan kebakaran tersebut tidak memakan korban jiwa, tetapi kerugian materil belum bisa ditaksir," ujarnya.

Untuk sementara, penyebab kebakaran diduga berasal dari rumah saudara Ajung yang diakibatkan dari korsleting listrik atau hubungan arus pendek.

"TKP (tempat kejadian perkara sudah kami pasang garis polisi dalam memudahkan proses penyelidikan," ujarnya.

Pewarta: Andilala dan Rian

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021