Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat menambah fasilitas taman dan sarana olahraga di kompleks Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Jalan Harapan Jaya Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Pontianak Selatan, untuk mendukung aktivitas warga.
 
"Kami akan membangun taman sehingga lebih asri dan humanis dengan adanya pepohonan yang sesuai dengan fungsinya, di antaranya tanaman-tanaman produktif, seperti hidroponik dan lainnya,” kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat menyerahkan bantuan beras kepada warga Rusunawa Harapan Jaya di Pontianak, Kamis.

Dia menjelaskan adanya beberapa kerusakan rusunawa yang dibangun pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu.

“Kita sudah sampaikan kepada pemerintah pusat agar segera diperbaiki di tahun 2022 dikarenakan masih di bawah tanggung jawab pemerintah pusat,” ujarnya,

Penataan lingkungan Rusunawa Harapan Jaya dikerjakan Pemkot Pontianak yang meliputi saluran air, taman, area parkir, fasilitas olahraga, dan area bermain anak-anak.

Ia juga mengingatkan warga rusunawa untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan fasilitas memadai, baik kesehatan maupun pendidikan, mulai dari balita hingga anak usia sekolah.

Pemkot Pontianak sudah memberikan fasilitas kesehatan berupa layanan kesehatan gratis bagi warga Kota Pontianak.
 
Agar fasilitas layanan kesehatan ini bisa dimanfaatkan, warga diminta untuk melaporkan atau mendaftarkan ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Bisa lapor ke posyandu maupun puskesmas untuk menyempatkan pemeriksaan seperti melakukan imunisasi atau vaksinasi polio, difteri, skabies, dan lain sebagainya,” katanya.

Fasilitas pendidikan, lanjut Edi, sekolah-sekolah negeri di bawah naungan Pemkot Pontianak seluruhnya gratis.

Ia mengatakan fasilitas pendidikan ini harus bisa diakses oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Pontianak.

“Anak-anak kita ini harus pintar-pintar, harus sekolah supaya nanti hidupnya lebih layak lagi,” ujarnya.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa IKIP PGRI yang melakukan praktik kerja lapangan di Rusunawa Harapan Jaya.

Dengan tersedia ruang belajar di rusunawa, katanya, hal itu membantu anak-anak yang masih mengenyam pendidikan.

“Para mahasiswa IKIP PGRI cukup membantu memberikan edukasi kepada warga di rusunawa dalam hal pendidikan,” katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021