Personel kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista kembali mendatangi rumah warga perbatasan RI-PNG di Kampung Unggalom, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua, untuk melayani pengobatan secara gratis

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan yang diterima, Rabu mengatakan tim kesehatan Satgas berkeliling mendatangi rumah warga untuk menjaga kesehatan masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Kali ini kegiatan dipimpin Serda Aan beserta lima personel Pos Unggalom lainnya," ujarnya.

Diakui Dansatgas, dengan melihat cuaca pada saat ini yang sudah memasuki musim hujan resiko serangan terhadap berbagai penyakit semakin tinggi.

"Kami akan selalu berusaha memastikan warga-warga binaan seluruh jajaran Satgas mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” ungkapnya.

Menurut dia, pelayanan kesehatan terhadap warga ini rutin dilakukan guna mengetahui dan mencegah sejak dini penyakit yang diderita oleh warga, sehingga bisa mencegah kondisi penyakit agar tidak menjadi lebih buruk.

Ade menyebutkan pada hasil pemeriksaan kesehatan kali ini, sebagian besar warga ada yang mengalami batuk, pilek, demam dan juga gatal-gatal pada bagian punggung, sela jari kaki maupun daerah tertutup lainnya.

"Hal ini juga terjadi karena mengingat udara yang lembab akibat curah hujan yang cukup tinggi saat ini,” ujarnya.

Dansatgas pun menghimbau masyarakat serta mengajak untuk selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh secara rutin dengan rajin berolahraga, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta segera berobat apabila merasakan gejala sakit atau merasa tidak enak badan.

Salah satu warga Kampung Unggalom, Laserus (51) mengungkapkan kegiatan pelayanan kesehatan sangat membantu masyarakat dan manfaatnya juga dapat dirasakan langsung warga terutama yang mengalami gejala sakit atau yang menderita sakit belum kunjung sembuh.

"Saya selaku warga Kampung Unggalom mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI Pos Unggalom yang sudah datang ke rumah-rumah warga kampung bantu obati warga yang sakit dan sudah berbagi pengetahuan tentang bagaimana menjaga kesehatan dan hidup sehat," ujarnya.

Pewarta: Muhsidin

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021