Ketua Umum Pengurus Provinsi Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kalimantan Barat (Kalbar), Sujiwo mengatakan saat ini pihaknya menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) yang menjadi ajang untuk menyeleksi petarung-petarung terbaik untuk diikutsertakan pada kejuaraan tingkat nasional.

"Kejurda merupakan kalender yang harus dilaksanakan setiap tahun. Kejurda merupakan ajang seleksi atlet untuk dikirim ke Kejurnas, Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) dan PON," ujar Sujiwo di Sungai Raya, Jumat.

Sujiwo berharap, kompetisi yang akan berlangsung hingga tanggal 28 November itu dapat melahirkan atlet-atlet berbakat yang mampu melanjutkan tradisi medali emas Tarung Derajat Kalbar pada setiap penyelenggaraan PON.

"Masih hangat di ingatan kami bahwa pada PON Papua kemarin, Cabang Olahraga Tarung Derajat menyumbangkan dua medali emas untuk Kalbar," ungkapnya.

Pelatih utama Tarung Derajat Kalimantan Barat Dedi Indarto menerangkan, terdapat ratusan atlet yang ikut serta dalam kejuaraan ini berasal dari 11 kabupaten/kota se-Kalbar.

"Kejuaraan terbagi dalam tiga kategori, yakni senior, junior, dan prakadet. Yang turun dalam kejuaraan ini sekitar 130-an atlet," tuturnya.

Dedi Indarto menambahkan, untuk kategori senior petarung putra yang mengikuti kejuaraan ini ada sembilan kelas dan putri lima kelas.

"Kemudian junior putranya ada 7 kelas, putrinya 3 kelas. Kemudian ada juga kategori prakadet atau kelas anak 5 kelas. Lalu ada seni gerak putra dan putri, ada 8 nomor," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021