Dalam rangka memperingati Hari Juang yang jatuh pada Rabu (15/12) besok, Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya di Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat yang di pimpin langsung oleh Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Djauhari.

"Ziarah ini merupakan rangkaian peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat tahun 2021 yang bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia," kata Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Hendra Purwanasari, di Kubu Raya, Selasa.

Dijelaskan Kapendam, kegiatan diawali dengan penghormatan disusul mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, pembacaan doa dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara makam pahlawan.

Usai kegiatan, Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Hendra Purwanasari,  menuturkan, ziarah kali ini tujuan utamanya adalah untuk mendoakan arwah para pahlawan dan mengenang semangat perjuangan yang telah diberikan para pahlawan kepada bangsa dan negara.

Dia menuturkan, sebagai TNI AD, setiap prajurit sangat perlu meneladani dan mewarisi semangat yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkan di dalam hati sanubari kita bersama, dalam rangka mengisi kemerdekaan ini," ujarnya. 

Kegiatan ziarah itu juga dilaksanakan serentak di Kodim-kodim jajaran Kodam XII/Tpr. "Kegiatan ziarah dalam rangka Hari Juang ini serentak secara nasional dilakukan oleh prajurit TNI AD, termasuk juga dilaksanakan di Kodim-Kodim jajaran Kodam XII/Tpr," katanya.



 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021