Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Citra Duani mengatakan pihaknya terus memacu vaksinasi COVID-19 untuk mencapai target kekebalan kelompok di daerah tersebut.

"Saat ini Kayong Utara berada di posisi ke 12 dari 14 kabupaten di Kalbar capaian vaksinasinya. Sedangkan kita saat ini masih menunggu hasil rapat tim Satgas apakah di pintu gerbang Kayong Utara harus ada pengamanan dan penjagaan secara ketat atau tidak, tapi saat ini kita sedang fokus pada capaian vaksinasi," ujar Citra Duani saat dihubungi di Sukadana, Ahad.

Menurutnya, daerah kepulauan menjadi target utama capaian vaksinasi dikarenakan daerah yang cukup jauh dari ibukota kabupaten tersebut masih di bawah 50 persen dari jumlah penduduk.

"Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor di antaranya ada yang melaksanakan vaksinasi di luar Kecamatan Pulau Maya. Sehingga data tersebut perlu disinkronkan dengan data yang ada di Kecamatan Pulau Maya tersebut," kata dia.

Berdasarkan data pada tanggal 13 Januari 2022, jumlah warga Kayong Utara yang telah melakukan vaksinasi pertama sebanyak 60.312 atau 66,59 persen. Sedangkan untuk warga yang telah disuntik vaksinasi kedua sebanyak 34.551 ribu atau 38.15 persen. Sehingga persentase warga yang telah di vaksin sebesar 52,37 persen.

"Saya berharap kepada masyarakat agar beramai-ramai untuk turut serta melaksanakan vaksin sehingga target kita untuk mencapai minimal 70 persen vaksinasi di Kayong Utara ini bisa terwujud," ujar Citra.

Terkait varian Omicron ia menyatakan saat ini belum terdeteksi di Kayong Utara sampai saat ini. "Apa pun itu semua vaksinasi terus dipacu," kata dia.*

Pewarta: Dedi/Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022