Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono memastikan segera membantu warga terdampak bencana angin puting beliung di Kelurahan Banjar Serasan, Kecamatan Pontianak Timur.

"Hingga saat ini kami masih melakukan pendataan rumah warga yang terdampak angin puting beliung, yang hingga saat ini tercatat sekitar 30 rumah yang terdampak baik rusak ringan maupun berat," kata Edi Rusdi Kamtono saat meninjau rumah warga terdampak bencana angin puting beliung, Senin.

Baca juga: Angin kencang disertai hujan deras robohkan rumah warga jember

Selain itu juga terdapat sekolah yang terkena angin puting beliung, pada Minggu (16/1) yang mengakibatkan sejumlah rumah warga di Kelurahan Banjar Serasan baik itu rusak berat maupun ringan.

"Kerusakan rumah-rumah sudah kami lakukan pendataan dan akan segera dibantu material dan diperbaiki bagi rumah yang roboh," ujarnya.

Baca juga: BPBD: tercatat 20 rumah di Pontianak rusak diterjang angin puting-beliung

Edi menambahkan Pemkot Pontianak akan memberikan bantuan berupa material seperti seng dan lainnya, karena memang sebagian besar struktur atap rumah warga menggunakan kayu, dan untuk pekerjaannya dilakukan secara gotong royong oleh warga.

Ia menambahkan Kota Pontianak memang riskan akan terjadi bencana angin puting beliung. Sehingga warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terutama saat mendung dan angin kencang.

Baca juga: Puluhan rumah di Pontianak rusak akibat diterjang angin puting beliung

Selain itu warga juga diminta untuk memperkuat atap rumahnya agar tidak roboh dan mencegah hal-hal yang tidak dikehendaki.

"Bencana tidak bisa diprediksi kapan dan dimananya, dimanapun ada kemungkinan terjadi akan tetapi kita melakukan mitigasi untuk menghadapi bencana," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022