Mulai Oktober 2021 transaksi dengan menggunakan scan barcode QRIS saat ini sudah bisa dilakukan dengan BRIMO, yang sebelumnya scan QR Code pada aplikasi BRIMO hanya untuk sesama BRIMO saja.

Pemimpin Cabang BRI KC Pontianak, Hermawan Sutrisno di Pontianak Rabu, mengatakan, sudah hampir semua penyelenggara jasa sistem pembayaran menggunakan QR Code, mereka sudah support dengan pembayaran QRIS termasuk pada aplikasi BRIMO dari bank BRI.

“Kini aplikasi banking BRIMO sudah support pembayaran melalui barcode QRIS. Pebayaran di merchant QRIS menjadi lebih mudah dengan cukup scan barcode yang sudah tersedia di merchant QRIS dengan aplikasi BRIMO,” ujarnya.

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah penggabungan QR Code dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia, dengan sistem QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan aman.

Untuk melakukan pembayaran melalui scan QRIS barcode melalui aplikasi BRIMO sangatlah mudah, berikut tata cara transaksi menggunakan aplikasi BRIMO:

1. Silahkan login aplikasi BRIMO terlebih dahulu atau bisa juga menggunakan menu cepat sebelum log in aplikasi, dengan menu cepat tidak diperlukan log in, hanya diperlukan PIN saja untuk keamanannya.
2. Klik pada tombol logo QRIS
3. Scan QRIS barcode merchant, atau bisa juga pilih dari galeri apabila barcode sudah disimpan
4. Barcode QRIS valid menampilkan nama penerima
5. Masukan nominal pembayaran
6. Pilih rekening sumber dana pembayaran dan klik ok
7. Verifikasi penerima dan nominal kembali, apabila ingin memberikan catatan bisa diisikan di sini
8. Klik ok dan masukan PIN BRIMO (apabila lupa PIN anda bisa lakukan reset PIN di sini dengan klik Lupa PIN)
9. Pembayaran berhasil, silahkan cek pada rekening penampung merchant
10. Bukti pembayaran bisa dibagikan melalui media sosial dan lain-lain yang sudah support.

Dengan dukungan aplikasi BRIMO untuk transaksi menggunakan scan QRIS, tentunya memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran di merchant-merchant QRIS. Pembayaran QRIS melalui aplikasi BRIMO sendiri saat ini gratis, atau tanpa biaya admin.

Pewarta: Rilis

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022