Produk persembahan Arcia Oil berupa pelembab kulit atau body lotion dan minyak rambut dari tanaman khas Kalbar, Tengkawang ikut hadir memeriahkan dan menjadi perhatian pengunjung dalam perhelatan Gema Ekonomi Syariah Kalbar di Qubu Resort, Kabupaten Kubu Raya yang berlangsung 28 -30 Maret 2022.

"Produk Arcia Oil untuk perawatan kulit dan rambut ini dari bahan-bahan alami terutama mentega tengkawang yang merupakan hasil tanaman khasnya Kalbar. Hadirnya produk ini untuk mengenalkan dan menggali potensi tanaman khas Kalbar yang dibuat menjadi produk jadi," ujar Owner Arcia Oil, Hadi Susanto di Kubu Raya, Selasa.

Hadi menjelaskan produk yang diproduksinya tersebut  sudah mendapatkan izin produksi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sertifikat  Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB) dari BPOM, izin edar untuk produk yang dihasilkan oleh Arcia Oil yang dikeluarkan oleh BPOM, serta sertifikasi halal dari LPPOM MUI.

"Untuk pemasaran produk sudah dilakukan secara online baik melalui media sosial seperti instagram maupun marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Selain berbelanja melalui online pelanggan dari Pontianak dapat mengambilnya langsung rumah saja Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Jiran 1, Nomor 33," jelasnya.

Ia menyebutkan bahwa produk yang ia juga selain dari tengkawang juga ada dari lidah buaya, kemiri, kelapa, nanas dan kopi. Untuk harga produk yang dijual mulai dari harga Rp29.000 hingga Rp280.000 dengan ukuran paling kecil 100 hingga 250 mili liter.

Produk- produk yang dijual di Arcia Oil meliputi Illipe pineapple, Borneo Stop Frizz Leave in Conditioner, Shampoo Borneo Illipe Shampoo Bar, Kilau Kemiri, King VCO, Illipe Bodywash Sweet Orange, Illipe Coffee Bodyscrub, Borneo Illipe Fruity Body Lotion, BAE Calendula Calming Cream.

"Arcia berkomitmen menjaga kelestarian alam dan mengurangi sampah plastik supaya generasi mendatang tetap dapat menikmati alam yang bersih, indah, dan hijau. Sehingga dapat dikatakan motto Arcia yakni dari alam, oleh alam dan untuk alam," ucapnya.

Terkait kegiatan Gema Ekonomi Syariah Terkait terbagi menjadi beberapa bagian yakni sebelum kegiatan dan hari pelaksanaan yang dimulai 28 Maret 2022.

Untuk sebelum kegiatan yang telah dimulai yakni ada lomba dan pemilihan pondok pesantren dan lembaga Ziswaf unggulan yang saat ini dalam proses penjurian dan wawancara akhir peserta yang dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari Bank Indonesia, Kementerian Agama dan Akademisi dari Universitas Tanjungpura.

Selain itu diselenggarakan edukasi mengenai digitalisasi bagi masjid dan transaksi menggunakan QRIS terkait zakat, sedekah di lingkungan masjid bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia Kalbar pada 18 Maret 2022.

Untuk puncak kegiatan akan terbagi menjadi dua yakni pertama, sharia forum berbagi yang akan berlangsung dari 28-31 Maret 2022 dan terdiri dari, opening ceremony, edukasi sertifikasi halal, kurasi produk IKRA, tablig akbar dan seminar pengembangan kemandirian ekonomi pesantren, serta business matching UMKM bekerjasama dengan perbankan di Kalbar untuk memperluas akses keuangan UMKM.

Kedua, sharia fair yang di dalamnya pameran produk UMKM di GAIA Mall pada 1 April – 8 Mei 2022 bersama dengan para pihak terkait. Pameran ini juga menjadi upaya untuk meningkatkan transaksi UMKM, pencapaian target QRIS melalui kerjasama dengan perbankan serta sosialisasi edukasi cinta bangga rupiah.

Pewarta: Dedi/ Queena Az Zahra

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022