Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Jawa Tengah bersama PT Astra Honda Motor (AHM) dan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) membantu servis gratis sepeda motor milik masyarakat yang menjadi korban banjir rob di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang.

Hery Suryo selaku Technical Service Manager Astra Motor Jateng di Semarang, Kamis, mengatakan bahwa servis motor gratis untuk korban banjir rob ini akan digelar hingga 27 Mei 2022 di Kantor Kelurahan Tanjung Mas dengan target kuota sebanyak 100 unit motor.

"Saat ini sudah 50 persen kuota terpenuhi, dan tidak menutup kemungkinan pelaksanaan servis gratis ini diperpanjang," katanya.

Baca juga: Menjadikan seluruh siswa menjadi generasi #Cari_aman

Pada servis gratis ini, Pit Express disediakan dengan mengerahkan bantuan enam orang mekanik ahli untuk membantu 20 unit motor per harinya yang datang ke lokasi.

Untuk mempercepat proses pengerjaan dan membantu lebih banyak motor, sebanyak dua unit mobil angkut pun disediakan untuk membawa motor yang mogok ke lokasi AHASS di diler.

Ia menjelaskan bahwa untuk pendaftarannya, para korban banjir rob cukup datang langsung ke lokasi dengan membawa motornya atau meminta bantuan AHASS Jateng untuk mengangkut motornya yang mogok dengan membawa STNK, KTP, serta mengisi formulir pendaftaran servis di lokasi yang sudah disediakan.

Baca juga: Astra gelar sosialisasi Safety Riding melalui aplikasi meeting online

Ia mengimbau agar masyarakat tidak menyalakan mesin setelah sepeda motornya terendam banjir guna menghindari kerusakan mesin yang semakin parah.

Dirinya menyebut jenis servis yang dilakukan di lokasi tergolong servis berat karena beberapa motor datang sudah dalam kondisi terendam banjir rob selama satu hingga dua hari, sedangkan air laut berdampak besar menimbulkan karat.

"Baik AHASS Jateng, AHM, dan IZI disini mengupayakan sesegera mungkin membantu para korban banjir rob agar mereka dapat kembali beraktivitas menggunakan sepeda motor mereka secara aman dan nyaman. Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat dan semoga banjir rob bisa segera teratasi," ujarnya.

Baca juga: Tips agar motor tetap prima setelah mudik lebaran

Kepala Kantor Perwakilan IZI Jateng Joko Adhi Saputro menyampaikan bahwa koordinasi dengan AHASS Jateng berlangsung dengan sangat cepat dan memiliki visi yang sama dalam totalitas membantu para korban banjir rob.

"Pengurusan perizinan tempat dan lokasi segera kami siapkan agar Pit Express dan servis gratis bisa berjalan," katanya.

Yulianto salah seorang warga yang sepeda motornya terendam banjir rob saat bekerja di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas mengaku bersyukur dengan adanya servis gratis yang digelar bahwa IZI, AHASS Jateng, AHM, dan IZI ini.

"Secara biaya, tentunya kami sangat terbantu dengan adanya servis gratis ini terutama bila tempatnya dekat dari lokasi banjir rob," ujarnya.

Baca juga: Kamu siswa SMA Multitalenta, buruan daftar AHM Best Student 2022

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022