Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, Sandan berharap agar Pemerintah Desa, dapat menjadi ujung tombak pembangunan di Kabupaten Sintang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dirinya mengajak seluruh pemerintahan desa di Kabupaten Sintang untuk bersama-sama membangun kabupaten tersebut.
   
"Mari memperkuat komitmen kita bahwa keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sintang ditunjukkan dengan keberhasilan pembangunan di desa sebagai ujung tombak pemerintahan. Profesionalisme dan integritas kepala desa  menjadi sangat penting untuk membangun desa,” katanya

Dia mengatakan, untuk membangun desa diperlukan inovasi dan kreativitas pemerintahan desa. Pembangunan Kabupaten Sintang harus dimulai dari pinggiran yakni desa.
   
"Saya minta seluruh kepala desa mampu menterjemahkan kebijakan Pemkab Sintang dengan bekerja keras membangun desanya," tambah Sandan.
  
Dikatakannya, pemerintah kecamatan diwajibkan untuk mengawasi dan membina pemerintahan desa. Dia mengatakan, pemerintahan desa siap dari sisi administrasi dan teknis operasional nya dalam pelaksanaan pembangunan di desa.
  
“Pemkab Sintang juga harus terus meningkatkan kemampuan kepala desa dalam menggerakkan segenap elemen di desa dan memberikan informasi serta regulasi terbaru mengenai pengelolaan pemerintahan desa."

"Kalau soal harmonisasi pembangunan, Pemkab Sintang harus menyinkronkan dengan program pembangunan pemerintahan desa. Kebutuhan masyarakat desa itu banyak sekali, maka Pemkab Sintang menyesuaikan dengan kemampuan keuangan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di desa. Karena pemerintahan desa tentu tidak mampu menyesuaikan dengan keinginan Pemkab Sintang," terang Sandan.

Dirinya juga meminta, pemerintah desa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki desanya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat setempat.

 “Pembangunan ekonomi harus menjadi prioritas para Kades,” pintanya.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan desa yang dilakukan Kades, akan terlihat dari kesejahteraan warganya.

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022