Pelajar SMA Taruna Bumi Khatulistiwa (TBK) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil lolos terpilih sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Istana Negara Jakarta 17 Agustus 2022 mendatang.

"Kita tentu sangat bangga kepada Ghari Baldy Al Ramadhan yang saat ini duduk di bangku kelas VIII SMA TBK. Sosoknya yang supel, cerdas dan berjiwa kepemimpinan tinggi patut dan layak memperoleh prestasi ini," kata Kabid Pemuda Dinas Olahraga Kepemudaan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kubu Raya Anwar di Sungai Raya, Selasa.

Anwar menuturkan, sebelumnya pihaknya telah menyiapkan sekolah-sekolah di Kubu Raya untuk mengikuti seleksi di tingkat kabupaten selama tiga hari dengan melibatkan dua personil Polri, satu personil Polwan, TNI Angkatan Darat dan Angkatan Udara.

"Terkait seleksi ini, pihaknya hanya memfasilitasi. Sedangkan hasil pemilihan mereka lolos ke tingkat nasional maupun provinsi dari tim pelatih," tuturnya.

Anwar bersyukur, pelajar Kubu Raya ini berhasil menyisihkan 200 lebih pelajar dari 14 Kabupaten/kota di Kalbar. 

"Pelajar kita ini akan berangkat pada 15 Agustus mendatang setelah melewati berbagai proses Karantina dan akan didampingi oleh Badan Pengembangan Ideologi Pancasila (BPIP)," katanya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya MudaMahendrawan mengaku bangga terpilihnya Ghari Baldy Al Ramadhani siswa SMA Taruna Bumi Khatulistiwa sebagai Paskibraka di Istana Negara.

"Sebagai Bupati, saya juga bangga atas masuknya Agus sebagai pengibar bendera pusaka di tingkat provinsi pada upacara HUT ke-72 RI tahun ini," kata Muda.

Dikatakannya, masuknya Garing juga sebagai prestasi bagi dunia pendidikan di Kabupaten Kubu Raya. 

"Selain prestasi bagi sekolah, juga nama Kabupaten.  Ini yang kita namakan Dari Kubu Raya Untuk Indonesia," tuturnya.

Demikian dengan prestasi yang dicatat oleh Agus tersebut, kata Bupati, adalah sejarah bagi daerah Kabupaten Kubu Raya. 

"Kita harapkan prestasi yang ukir Ghari ini menjadi motivasi bagi yang lainnya di Kabupaten Kubu Raya. Sehingga ke depan akan lahir Ghari lainnya," katanya.

Sementara itu, Ghari Baldy Al Ramadhani merasa senang dan tidak menyangka bisa lolos dan terpilih sebagai paskibraka di tingkat nasional.

"Alhamdulillah, saya terpilih jadi paskibraka di tingkat nasional. Awalnya saya mengikuti seleksi ditingkat sekolah dan ke Disporapar kabupaten, kemudian ikut lagi ke tingkat provinsi dan ikut lagi ketingkat nasional," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022